Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kasus Kekerasan dan Pelecehan Terhadap Anak Tinggi, Kejaksaan Sangatta Ajak Orang Tua Tingkatkan Perhatian Terhadap Anak

Kasus Kekerasan dan Pelecehan Terhadap Anak Tinggi, Kejaksaan Sangatta Ajak Orang Tua Tingkatkan Perhatian Terhadap Anak

(891 Views) Mei 25, 2016 8:24 am | Published by | No comment

Sangatta. Tingginya kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan di Kutai Timur, menjadi peringatan khusus bahwa perlunya perhatian bagi setiap orang tua dalam meningkatkan pengawasan terhadap pergaulan anak. Dari data pada Seksi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangatta tercatat, pada tahun ini sejak bulan Januari hingga Mei, telah tertangani 11 perkara kasus kekerasan terhadap anak. 10 kasus kekerasan ini diantaranya melibatkan orang dewasa sebagai tersangkanya dan satu kasus dengan tersangka di bawah umur atau anak.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pidum Kejari Sangatta, Amanda, jika melihat bahwa dalam rentang waktu 5 bulan berjalan saja telah tertangani 11 perkara kekerasan terhadap anak, maka bisa dikatakan kekerasan terhadap anak di Kutai Timur cukup tinggi dan dengan rata-rata 2 perkara tertangani setiap bulannya. Kemungkinan perkara yang tertangani pun hanya kasus yang terlaporkan. Sementara yang tidak terlaporkan diperkirakan masih cukup banyak.

Lanjut Amanda, perlu adanya perhatian khusus terutama bagi orang tua, dalam hal memberikan perhatian terhadap tumbuh kembang dan pergaulan anak. Hal ini karena dalam kasus kekerasan anak, yang menjadi pelakunya adalah orang-orang terdekat di lingkungan keluarga. Seperti ayah, paman, kakek, guru dan teman sepermainan.

Lebih jauh Amanda mengatakan, dalam hal penuntutan terhadap pelaku pencabulan, pelecahan dan kekerasan anak, pihak kejaksaan melakukan penuntutan semaksimal mungkin sesuai undang-undang perlindungan anak.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments