Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 23 Desa di Kutim Masih Masuk Kategori Desa Tertinggal

23 Desa di Kutim Masih Masuk Kategori Desa Tertinggal

(12404 Views) April 27, 2016 8:40 am | Published by | 383 Comments

Sangatta. Dari data indeks pembangunan desa (IPD), ternyata di Kutai Timur diketahui bahwa masih ada 23 desa yang masuk kategori sebagai desa tertinggal. Hal ini disampaikan Bupati Kutai Timur Ismunandar dalam nota pengantarnya pada penyampaian usulan nota pengantar RPJMD Kutim periode 2016-2021, siang tadi.

Dikatakan Bupati Ismu, dari 133 desa dan 2 keluarahan yang saat ini ada di Kutai Timur, sesuai indeks pembangunan desa (IPD) diketahui bahwa masih ada 23 desa di Kutim masuk dalam kategori sebagai desa tertinggal. Sementara itu, ada 4 desa masuk kategori mandiri dan sisanya sebanyak 106 desa masuk dalam kategori desa berkembang. Untuk itu, saat ini bagaimana tugas pemerintah Kutim untuk mentransformasi 23 desa  tertinggal ini menjadi desa berkembang, dan menjadikan 106 desa berkembang menjadi desa mandiri.

(Voice : Bupati – 23 Desa Kategori Tertinggal)

Lanjut Ismu, sebagai upaya percepatannya ada beberapa komponen yang akan segera dipenuhi. Diantaranya penyediaan aksesibilitas desa dan pelayanan dasar bagi desa. Tentunya termasuk dalam upaya paningkatan penyediaan dan layanan sarana listrik, air, pendidikan dan kesehatan. Dengan program Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar, akan dilihat prioritas dan sesuai proporsinya. Sehingga akan disesuaikan kebutuhan desa dan masyarakat setempat. Pastinya tidak kelebihan dan tidak kekurangan. Inilah inti dari program desa membangun.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

383 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments