Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bandara Sangkima Terhambat Deliniasi TNK, Uyang Lahay 2 Langkah di Depan

Bandara Sangkima Terhambat Deliniasi TNK, Uyang Lahay 2 Langkah di Depan

(1007 Views) Februari 9, 2016 8:54 am | Published by | No comment

Sangatta. Terhambatnya proses deliniasi sebagian Taman Nasional Kutai (TNK) yang telah di Enclave oleh pemerintah Kutim berimbas pada terhambatnya rencana pembangunan Bandara Sangkima. Proses pembangunan bandara Sangkima tersebut kemungkinan bisa molor 2 hingga 3 tahun ke depan, seiring dengan selesainya penetapan tapal batas definitif TNK serta proses in out wilayah PT Pertamina dengan TNK. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (dishubkominfo) Kutai Timur, Johansyah Ibrahim.

Didampingi Kabid Perhubungan Udara Chairudin, dikatakan bahwa untuk kelanjutan rencana pembangunan bandara Sangkima pihaknya harus menunggu kelanjutan proses deliniasi yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan dan Badan Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) pada sebagian wilayah TNK yang sudah di enclave tersebut.

Lanjut Chairudin, saat ini pihaknya lebih memfokuskan pada pengembangan dan pembangunan bandara Uyang Lahay yang ada di Kecamatan Kongbeng. Bandara Uyang Lahay yang telah selesai penyusunan master plannya tersebut, tahun ini akan menyelesaikan proses persetujuan analisis dampak lingkungan (Amdal) dan Detail Engineering Desain (DED). Total penyelesaian kedua komponen tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar yang kini diajukan kepada Pemerintah Daerah. Sementara proses penyelesaiannya akan dilakukan selama 5 bulan.

Ujar Chairudin, dengan selesainya Amdal dan DED Bandara Uyang Lahay nanti, otomatis pada awal tahun 2017 mendatang pihaknya akan melakukan pembangunan bandara Uyang Lahay. Sementara anggarang pembangunannya akan diusulakan baik kepada Pemerintah Pusat melalui APBN maupun kepada Pemerintah Daerah Kutim melalui APBD II. Tinggal pengusulan anggaran pembangunan yang mana akan disetujui, jika anggaran pusat yang disetujui maka pihaknya akan segera melakukan pembangunan bandara Uyang Lahay tanpa menggangu anggaran daerah Kutim

(Voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments