Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bappeda Kutim Petakan Kebutuhan dan Program Desa

Bappeda Kutim Petakan Kebutuhan dan Program Desa

(1552 Views) Maret 24, 2016 9:20 am | Published by | 2 Comments

Sangatta. Dengan selesainya pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Kutai Timur, saat ini pemerintah Kutim melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim tengah melakukan pemetaan kebutuhan dan alokasi program kerja masing-masing desa. Program kerja yang meliputi sektor ekonomi, sosial budaya, pemerintahan, dan infrastruktur, menjadi suatu kerangka acuan untuk pembangunan Kutim lima tahun mendatang atau yang biasa tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2016-2021.

Menurut Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim, Arjohansyah saat ini pihaknya tengah memetakan 133 desa dan 2 kelurahan yang ada di Kutim terkait porsi Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang diterima. Ini untuk mendukung program kerja Bupati Kutim Ismunandar yang menjanjikan tiap desa mendapat alokasi program kerja Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar. Indikator penilaian yakni kebutuhan dasar meliputi listrik, air bersih, infrastruktur jalan, dan pendidikan.

Lanjutnya, nantinya akan dilihat dan dipilah program mana saja yang sudah masuk dalam alokasi anggaran pemerintah daerah melalui APBD II,  melalui anggaran pemerintah provinsi alokasi APBD I dan pemerintah pusat melalui alokasi anggaran APBN. Sehingga tidak ada tumpang tindih alokasi anggaran dan searah dengan RPJMD Kutim 2016-2021.

(Voice : Bappeda Arjohansyah – Petakan Alokasi dan Program)

Lebih jauh dikatakan, tidak hanya bersinergi antara Kabupaten, Provinsi hingga Pusat, dalam penyusunan program kerja juga akan menggandeng pihak swasta atau perusahaan melalui program CSR (Corporate Sosial Responsibility) . Selain itu, setiap desa nantinya harus memiliki RPJM desa, agar pembangunan bisa lebih terarah dan keberlanjutan sesuai program pembangunan yang akan dikerjakan dalam lima tahun mendatang.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments