Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Hari Pertama UN SMA/SMK dan MA di Kutim Berjalan Lancar/ UNBK SMA Negeri 1 Sangatta Utara Siapkan 102 Unit Komputer//

Hari Pertama UN SMA/SMK dan MA di Kutim Berjalan Lancar/ UNBK SMA Negeri 1 Sangatta Utara Siapkan 102 Unit Komputer//

(1635 Views) April 4, 2016 9:32 am | Published by | No comment

Sangatta. 3005 siswa dari 43 sekolah mulai SMA, SMK dan MA di Kutai Timur, pagi ini, mulai mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional (UN) serentak. Namun dari 43 Sekolah Menengah Atas yang ada di Kutim, hanya SMA Negeri 1 Sangatta Utara yang melaksanakan ujian nasional secara komputerisasi atau Ujian Nasional Bernasis Komputer (UNBK). Sementara sisanya tetap melaksanakan ujian nasional dengan cara paper atau tertulis.   Untuk di SMA Negeri 1 Sangatta Utara, ada sebanyak 257 siswa mengikuti UNBK.

Para siswa ini dibagi dalam 3 sesi pelaksanaan ujian, yakni sesi pertama pukul 07.30 hingga 09.30 wita, sesi kedua 10.30 hingga 12.30 wita dan sesi ketiga pukul 14.00 hingga 16.00 wita. Berbeda dengan UN sistem manual atau paper yang dilaksanakan sejak hari ini hingga Kamis (7/4), pelaksanaan UNBK ini memakan waktu pelasanaan hingga 2 minggu atau sejak hari ini hingga Selasa (12/4). Hal ini karena setiap harinya hanya diujikan 1 mata pelajaran saja. Demikian diungkapkan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sangatta Utara Hasbi.

 Lanjutnya, dalam pelaksanaan UNBK online ini pihaknya sudah menyediakan jaringan internet dengan kapasitas 4 mega byte (MB) yang disuport oleh Telkom. Sementara jumlah unit yang tersedia saaat in berjumlah 102 unit komputer, namun yang digunakan hanya 89 unit atau 40 unit di ruang meeting dan 49 unit komputer di lab komputer. Sedangkan sisanya disiapkan untuk mengantisipasi jika ada unit yang mengalami kerusakan. Seorang teknisi komputer dan petugas Proktor (Pengawal Ujian) juga sudah disiagakan, serta pelaksanaan ujian diawasi oleh 6 petugas pengawas dari SMA Negeri 1 Sangatta Selatan. Selain itu, untuk mengantisipasi atau berjaga-jaga jika terjadi pemadaman aliran listrik selama pelaksanaan ujian, pihak sekolah juga sudah menyiapkan 3 unit genset dengan kapasitas besar.

(Voice : Kepsek Hasbi – UNBK)

Lebih jauh Hasbi mengatakan, walaupun tidak menentukan kelulusan siswa, namun dirinya tetap berharap siswa peserta UN dapat melaksanakan ujian secara serius karena hasil UN mementukan pemetaan dalam penerimaan perguruan tinggi. Sedangkan pelaksanaan UNBK ini sudah disimulasikan sebanyak 4 kali dan 2 kali uji coba menggunakan paper atau manual. Sementara itu, dirinya juga meminta dukungan kepada orang tua siswa dalam pengawasan anak selama pelaksanaan ujian. Jangan sampai anak dibiarkan keluyuran dan tidak belajar, sehingga tidak fokus dalam melaksanakan ujian. selain itu, juga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas, sehingga menyebabkan anak gagal mengikuti ujian nasional.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments