Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kasat Lantas Polres Kutim Pastikan Tetap Tindak Angkutan Umum Lebaran yang Tidak Laik Jalan

Kasat Lantas Polres Kutim Pastikan Tetap Tindak Angkutan Umum Lebaran yang Tidak Laik Jalan

(1062 Views) Juni 20, 2016 2:18 am | Published by | No comment

Sangatta. Mengedepankan keselamatan dalam berkendara menjadi hal yang utama harus dikedepankan dalam berkendara. Apalagi jika menyangkut nyama orang banyak seperti kondisi angkutan umum yang melayani rute mudik lebaran 1437 Hijriah, tahun ini. Bagi kendaraan umum, baik bus, mobil minibus atau travel yang kedapatan tidak laik jalan, maka dipastikan akan mendapat tindakan tegas dari Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Kutim. Demikian diungkapkan Kapolres Kutai Timur AKBP Rino Eko melalui Kasat Lantas AKP Ramadhanil.

Kepada awak media, Ramadhanil mengatakan untuk penindakan kendaraan tidak laik jalan, pihak Satlantas mengacu pada KIR yang sudah dikeluarkan Dinas Perhubungan. Namun jika secara kasat mata terlihat atau ditemui kendaraan angkutan umum mudik lebaran yang tidak layak jalan, maka pihaknya tetap akan melakukan penindakan. Hal kasat mata yang terlihat langsung dari sebuah kendaraan yang tidak layak jalan, diantaranya kondisi ban kendaraan yang gundul atau kendaraan tersebut mengangkut penumpang secara berlebihan atau over kapasitas muatan. Jika ada temuan di lapangan maka akan langsung ditindak tegas. Bahkan temuannya cukup fatal maka tidak akan mengizinkan unit tersebut beroperasi.

Lanjut Ramadhanil, seharusnya UPT PKB KIR Dishubkominfo Kutim tetap menyurat kepada Dishub provinsi Kaltim untuk meminta penjelasan mengapa kendaraan yang pihak UPT KIR Dishub Kabupaten sebenarnya tidak laik jalan, namun tetap keluar laik jalan dari Dishub Provinsi. Karena penentuan laik atau tidak laik jalannya sebuah kendaraan terutama angkutan umum dikeluarkan oleh pihak Dinas Perhubungan.

Lebih jauh AKP Ramadhanil mengatakan, beberapa waktu lalu sejumlah kendaraan umum dan travel di Sangatta yang rencananya melayani rute arus mudik sudah mengikuti uji KIR dan uji emisi di UPT KIR Dishub Kutim. Hasil yang didapatkan rata-rata cukup baik dan laik jalan. Sementara itu, ada pula beberapa kendaraan seperti bus angkutan umum yang tidak dapat dilakukan uji Kir dan emisi karena buku uji kir dan emisinya berada di Provinsi.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments