Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Mati 2016, Tak Perlu Ditukar Sudah Seumur Hidup

Mati 2016, Tak Perlu Ditukar Sudah Seumur Hidup

(1203 Views) Februari 3, 2016 9:20 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur, menghimbau kepada masyarakat Kutai Timur untuk tidak perlu bingung atau khawatir jika memiliki kartu tanda penduduk (KTP) yang habis masa berlakunya tahun ini atau tahun depan. Karena sesuai edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, per tanggal 29 Januari 2016, tentang perubahan regulasi kependudukan, saat ini KTP Elektronik diberlakukan seumur hidup. Demikian disampaikan Kepala Disdukcapil Kutim, Januar Harlian Putra Lembang Alam.

Kepada awak media yang menyambangi ke ruang kerjanya, Januar mengatakan bahwa sesuai surat edaran Mendagri tersebut maka sejak kini KTP El sudah diberlakukan seumur hidup. Sehingga jika ada masyarakat yang KTP nya yang mati masa berlakunya pada tahun ini atau tahun depan, tidak perlu menukarkan atau mengurus ulang pembuatan KTP baru di Disdukcapil. Karena sudah seumur hidup. Begitu pun bagi warga yang baru membuat KTP Elektronik, maka langsung tercetak seumur hidup.

Lanjutnya, masyarakat bisa saja melakukan cetak ulang KTP seumur hidup ini jika memang ada hal-hal yang harus diubah dan dicantumkan dalam KTP baru. Diantaranya perubahan status dari belum menikah menjadi menikah atau perubahan alamat tempat tinggal. Selain itu, pencetakan ulang KTP bisa dilakukan jika ingin memasukkan gelar pendidikan serta menambahkan gelar Haji di awal nama. Namun jika tidak ada perubahan maka tidak perlu dicetak ulang.

(Voice)

Lebih jauh dikatakan Januar, dengan memberlakukan KTP seumur hidup maka pemerintah sudah melakukan efisiensi anggaran hingga Rp 4 Triliun per tahunnya hanya untuk melakukan pengadaan blanko KTP. Sedangkan KTP elektronik yang sudah berlaku saat ini, bukan hanya berlaku secara nasional tetapi juga menjadi alat akses validasi kependudukan secara online. Sehingga bisa terakses di perbankkan, SIM online dan Samsat online.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments