Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ongkos Angkut Terlalu Mahal, Camat Sandaran Enggan Ambil Jatah Raskin

Ongkos Angkut Terlalu Mahal, Camat Sandaran Enggan Ambil Jatah Raskin

(971 Views) Juni 20, 2016 2:28 am | Published by | No comment

Sangatta. Akibat ongkos angkut yang terlalu mahal, belum lagi ditambah kondis medan yang cukup jauh dijangkau, membuat Camat Sandaran Muhammad Taher Pekang, mengaku enggan mengambil jatah beras miskin (Raskin).

Kepada awak media, Taher mengatakan bahwa memang ada kapal masyarakat yang siap disewa untuk mengangkut Raskin yang dibawa dari Sangatta ke Sandaran. Namun selain kondisi laut yang sedang bergelombang besar, juga jatah jumlah beras yang diambil untuk kecamatan Sandaran hanya 53 ton. Sementara kapal yang mengangkut memiliki kapasitas muatan hingga 150 ton. Tentu ongkos angkutnya saja sudah mubazir. Sehingga kemungkinan jatah raskin ini kana diambil secara sekaligus atau dirapel dengan jatah raskin yang akan datang, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Lanjutnya, walaupun saat ini pemerintah sudah menyiapkan subsidi ongkos angkut (SOA) sebesar Rp 400 per karung, namun jika dihitung-hitung ongkos ini tidak menutupi biaya sewa kapal dan bahan bakar minyak (BBM) kapal. Belum lagi untuk membagikan beras miskin ini ke beberapa wilayah di Sandaran, seperti Tanjung Mangkalihat sudah memakan waktu 8 jam perjalanan lewat laut dan ke Desa Susuk juga harus menempuh 4 jam perjalanan laut. Sehingga biaya ongkos angkut sebesar Rp 848.000 yang disubsidi pemerintah tersebut dinilai tidak mampu menutupi besaran anggaran pengeluaran pembagian raskin. Bahkan diakui Taher, jika Dolog sendiri juga enggan untuk mengantarkan Raskin hingga ke Kecamatan Sandaran akibat anggaran pengeluaran yang cukup besar.

Lebih jauh Taher mengatakan, tidak berbeda dengan kecamatan lainnya di Kutim yang meminta kenaikan subsidi ongkos angkut (SOA) Raskin, pihaknya meminta agar SOA sebesar Rp 400 per karung bisa dinaikkan menjadi Rp 1000 rupiah per karungnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments