Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Targetkan 3 Bulan, Unit Layanan Paspor Sudah Beroperasi di Kota Sangatta

Targetkan 3 Bulan, Unit Layanan Paspor Sudah Beroperasi di Kota Sangatta

(1271 Views) April 5, 2016 10:09 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta. Kementrian Hukum dan HAM akhirnya merealisasikan usulan pembentukan unit layanan paspor (ULP) di Kutai Timur. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0231.GR.01.01 tahun 2016 pertanggal 15 Maret 2016 tentang pembentukan Unit Layanan Paspor di Sangatta yang berada di bawah Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda. Dengan membawa surat tersebut, Selasa (5/4) pagi tadi, bertempat di ruang Arau Kantor Bupati Kutai Timur, diadakan pertemuan antara Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kutai Timur yang dipimpin langsung Kakanwil Kemenkumham Kaltim Agus Saryono dengan pihak Pemkab Kutim yang dihadiri langsung Bupati Kutai Timur Ismunandar.

Kakanwil Kemenkumham Kaltim Agus Saryono, mengatakan bahwa dengan terbitnya SK Dirjen Imigrasi tentang pendirian ULP di Sangatta, maka pihak Kanwil Kemenkumham bergerak cepat dengan menyiapakan segala perlengkapan dan prasarana untuk beroperasinya ULP tersebut. Bahkan pihaknya menarget unit pelayanan pembuatan paspor ini sudah harus beroparasi dalam tiga bulan kedepan.

Lanjutnya, walaupun pihak Pemkab Kutim belum menyiapkan sarana dan prasarana kantor ULP, pihaknya sudah menyiapkan bangunan sendiri yang sudah siap ditempati dan dibiayai selama 3 tahun kedepan di salah satu komplek ruko dan perkantoran dibilangan pusat kota Sangatta. pengoperasionalan kantor ULP ini sambil menunggu persiapan dan pembangunan kantor ULP permanen yang dibangunkan oleh Pemkab Kutim.

Lebih jauh Agus Saryono mengatakan, dengan berdirinya ULP di Kota Sangatta tentu akan membantu proses pelayanan publik khusunya dalam pembuatan paspor. Bagi masyarakat yang ada di Kutai Timur dan Bontang, tidak perlu jauh-jauh lagi untuk membuat paspor di Samarinda.

Tentu ini akan menghemat biaya dan waktu. Sementara terkait tenaga kerja, Agus mengatakan selain memang didatangkan pegawai dari Imigrasi Samarinda, juga bisa didukung tenaga bantuan dari pemkab Kutim. Jika sehari saja melayani hingga 20 paspor, maka cukup diperlukan 6 orang pegawai.

 (Voice : Kakanwil Kemenkumham Kaltim Agus Saryono – Pembangunan ULP)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments