Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Terbitkan KTP Non-elektronik, Bisa Dipidana

Terbitkan KTP Non-elektronik, Bisa Dipidana

(887 Views) April 6, 2016 8:55 am | Published by | No comment

Sangatta. Himbauan tegas disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur (Kutim) Januar Harlian Putra Lembang Alam, bagi masyarakat Kutim yang masih memiliki dan menyimpan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) atau KTP non-elektronik. Hal ini karena KTP SIAK ini, sudah tidak boleh digunakan dalam proses administrasi kependudukan masyarakat dan sudah tak boleh lagi diterbitkan. Sehingga bagi penerbit ataupun pengguna KTP SIAK ini bisa dikenakan sanksi pidana.

Dikatakan Januar, tidak berlakunya KTP SIAK ini terus disosialisasikan kepada masyarakat Kutai Timur. Mengingat hingga saat ini masih ada masyarakat yang belum mengetahuinya. Sehingga dalam setiap urusan administrasi masih menggunakan KTP SIAK ini. Sosialisasi ini dilakukan untuk mengantisipasi jangan sampai ada pihak yang dikenai sanksi pidana hanya karena ketidaktahuan.

Dijelaskan, ketidakbolehan menerbitkan KTP SIAK ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) 112 Tahun 2013. Secara tegas dituliskan, mulai 31 Desember 2014 tidak boleh KTP SIAK. Sementara itu, tidak hanya bagi pihak yang menerbitkan KTP non-elektronik, masyarakat pun yang masih menyimpannya juga bisa dikenai sanksi pidana jika ditemukan oleh aparat. Karena sejak 1 Januari 2015 lalu KTP SIAK atau KTP non-elektronik sudah tidak berlaku.

Karenanya, Januar menghimbau kepada masyarakat Kutim yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik (E-KTP), agar melakukan perekaman. Terlebih lagi, saat ini pembuatan E-KTP tidak harus dilakukan di daerah domisili dan ketentuan tersebut berlaku mulai 1 April 2016.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments