Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Terhambat Kelengkapan SID, Target 1500 Hektar Cetak Sawah Terancam Molor

Terhambat Kelengkapan SID, Target 1500 Hektar Cetak Sawah Terancam Molor

(4136 Views) Mei 17, 2016 8:33 am | Published by | 42 Comments

Sangatta. Akibat belum lengkapnya data Survey Inventigasi dan Desain (SID)pada program pencetakan 1500 hektar sawah baru di Kabupaten Kutai Timur, maka target panen pada akhir tahun ini terancam molor. Demikian diungkapkan Komandan Kodim (Dandim) 0909 Sangatta Letkol (Inf) Setyo Wibowo.

Kepada awak media, dirinya mengatakan program Kutai Timur mendapat jatah program pencetakan sawah baru pada tahun ini sebanyak 1500 hektar dan jumlah ini adalah yang terbesar se-Kaltim. Luasan ini tersebar hampir di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kutai Timur serta ditargetkan pada bulan September nanti, sudah dimulai penanaman padi, sehingga pada penghujung tahun bisa dilakukan panen perdana dari program cetak 1500 hektar sawah ini.

Namun dikatakan Setyo, hingga saat ini Dinas Pertanian Kutim yang menjadi rekan kerja Kodim 0909 Sangatta dalam program percetakan sawah ini belum menyelesaikan data Inventigasi dan Desain (SID). Akibat keterlambatan ini dikhawatirkan akan berpengaruh pula pada keterlambatan pengerjaan cetak sawah. Terlebih jika mengacu dalam prosedur pengerjaan, kelengkapan administrasi seharusnya terlebih dahulu dilengkapi kemudian baru pekerjaan dilapangan dimulai. Termasuk dengan keterlambatan pembayaran termin, pertanggung jawaban serta detail pekerjaan. Sehingga jika waktu ini mundur akan berpengaruh pada capaian atau target cetak sawah termasuk penanaman, yang menyebabkan panen perdana yang direncanakan pada Desember mendatang juga terancam molor.

Lebih jauh Dandim Letkol Setyo Wibowo mengatakan, dengan adanya keterlambatan penyusunan SID ini dikhawatirkan mengakibatkan adanya temuan dari tim pemeriksa. Karena program ini merupakan program langsung dari Kementrian Pertanian. Sementara posisi Kodim 0909 Sangatta dalam program pencetakan 1500 hektar sawah ini adalah bertindak sebagai pengawas keberlangsungan kegiatan di lapangan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

42 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments