Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tetapkan Kelas Sungai Sangatta, BLH Kutim Berharap Adanya Dukungan Perda

Tetapkan Kelas Sungai Sangatta, BLH Kutim Berharap Adanya Dukungan Perda

(4308 Views) Juni 6, 2016 3:12 am | Published by | 43 Comments

Sangatta. Dengan telah ditetapkannya kelas Sungai Sangatta melalui Peraturan Bupati (Perbup) Kutai Timur, Pemerintah Kutai Timur melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutim berharap melalui Perbup ini mampu menjadi garda atau pengawal dalam upaya menjaga kualitas air sungai Sangatta. Terlebih saat ini, diketahui ada beberapa perusahaan yang menjadikan Sungai Sangatta sebagai wadah pembuangan hasil olahan limbah mereka.

Kepala BLH Kutim Ence’ Ahmad Rafiddin Rizal mengatakan, pada Sungai Sangatta tersebut telah ditetapkan kelas satu mulai intake PDAM hingga ke hulu Sungai. Sementara untuk wilayah intake PDAM ke hilir menjadi kelas dua. Penetapan kelas satu ini dilakukan karena Sungai Sangatta adalah satu-satunya sumber baku air minum warga Sangatta yang diolah oleh PDAM Sangatta. Sehingga dengan adanya penetapan kelas ini, pihaknya lebih memperketat kepada beberapa perusahaan yang menggunakan Sungai Sangatta sebagai wadah pembuangan hasil olahan limbah aktivitas mereka.

Namun ujar Rafiddin, dengan adanya penetapan kelas melalui Perbup ini dinilai belum memberikan kekuatan maksimal bagi Pemkab Kutim dalam menjaga kualitas air Sungai Sangatta. Menurutnya perlu adanya peraturan daerah (Perda) untuk lebih memperkuatnya dan mampu menjadi benteng bagi Pemkab Kutim jika nantinya ada gugatan dari perusahaan yang beroperasi di sepanjang Sungai Sangatta. Akan tetapi karena pengelolaan sungai saat ini berada dibawah pengawasan Balai Wilayah Sungai (BWS) Ditjen Pekerjaan Umum, maka pihaknya akan segera melakukan koordinasi. Apakah Pemkab Kutim boleh menetapkan Perda atas pengelolaan Sungai Sangatta tersebut atau tidak.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

43 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments