Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Visit Kutim, Jadikan Karst Sangkulirang-Tanjung Mangkaliat Destinasi Wisata Dunia

Visit Kutim, Jadikan Karst Sangkulirang-Tanjung Mangkaliat Destinasi Wisata Dunia

(13190 Views) April 18, 2016 1:34 am | Published by | 170 Comments

Sangatta. Menjadikan karst Sangkulirang – Tanjung Mangkaliat menjadi salah satu destinasi atau tujuan wisata dunia, saat ini menjadi upaya Pemkab Kutai Timur (Kutim) untuk mewujudkannya. Salah satu cara yang kini dilakukan pemkab Kutim selain mengenalkan objek wisata ini agar masuk dalam salah satu cagar budaya dunia yang terdaftar di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), juga berupaya menjaga kelestarikan dan keaslian lingkungan di sekitar wilayah Karst.

Menurut Bupati Kutai Timur Ismunandar, saat ini pemkab Kutim sedang berupaya memperkenalkan Karst Sangkulirang sebagai salah satu tujuan wisata dunia. Hal ini sudah masuk dalam program visit Kutim. Dengan menjadikan Karst Sangkulirang-Tanjung Mangkaliat sebagai salah satu destinasi dunia andalan Kutim, diharapkan objek wisata ini benar-benar mampu memiliki nilai jual. Karena jika hanya mengandalkan wisata pantai, hampir semua wilayah di Indonesia memiliki wisata pantai. Namun tidak semua wilayah di Indonesia memiliki wisata Karst. Terlebih pada Karst Sangkulirang-Tanjung Mangkaliat terdapat jejak patak tangan yang diperkirakan berumur ribuan tahun.

Lanjutnya, saat ini yang diupayakan adalah bagaimana menjaga kondisi kealamiahan sekitar kawasan Karst tersebut. Berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup Kutim, Pemkab Kutim saat in tengah melihat kondisi kawasan karst, termasuk mengevaluasi perusahaan-perusahaan yang ada disekitar kawasan karst, termasuk perusahaan semen yang rencananya akan beroperasi tidak jauh dari wilayah Karst tersebut. Namun tentu semua akan dilihat kembali. Karena menurutnya tentu ada kawasan yang harus menjadi wilayah konservasi dan wilayah mana yang bisa dieksploitasi tetapi tentu tidak mengganggu kawasan Karst yang ada.

(Voice : Bupati – Karst Sangkulirang)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

170 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments