Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 1.152 Kafilah Siap Ikuti MTQ Kutim

1.152 Kafilah Siap Ikuti MTQ Kutim

(836 Views) April 4, 2016 2:08 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten Kutim ke- XII bakal dilaksanakan pada 15-23 April mendatang. Menurut Koordinator Arena MTQ Indra menjelaskan, MTQ kali ini akan menggunakan Gedung Serba Guna (GSG) dan Masjid Agung, Komplek Islamic Center Sangatta. Sesuai data panitia, MTQ ke XII diikuti 1.152 kafilah dari 18 kecamatan. Masing-masing kecamatan mengirimkan 64 orang. Dijelaskan, arena utama 1 Tilawah Dewasa, Remaja, Qiraat Sab’ah dan Canet ditempatkan di Masjid Agung Bukit Pelangi Al-Farouq. Arena II Kaligrafi, Naskah, Hiasan, Mushaf, Dekorasi dan Kontemporer (MMQ) dilaksanakan di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi lantai 1. Arena III cabang lomba MMQ menempati ruangan Gedung PKK, Arena IV cabang Syahril Qur’an (MSYQ) Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Sangatta Utara, Arena V Fahmil Qur’an (MFQ) BPU Desa Sangatta Utara. Sementara Arena VI tartil dan tilawah anak-anak di Masjid Istiqomah Gg Seroni, Arena VII Tahfizh 1,5,10,20,30 Jus dan Tafsir Bahasa Arab, Indonesia dan Inggris di Masjid Babussalam Jalan Poros KM 1. Disetiap Arena MTQ ditempatkan penanggung jawab, kemudian disediakan pula halaman parkir yang luas sehingga memudahkan para setiap Kafilah memarkir kendaraannya.

Panitia rencananya juga akan menggelar pameran bernuansa Islami. Didi Herdiansyah selaku koordinator pameran mengatakan materi yang ditampilkan bebas dan umum. Tetapi wajib mengutamakan produk lokal masing-masing kecamatan dengan menggunakan lokasi Taman Bersemi Kecamatan Sangatta Utara atau Eks STQ.

Sedangkan Camat Sangatta Utara Didi Herdiansyah mengatakan, Pameran MTQ XII dilaksanakan dari tanggal 18-23 April 2016. Sementara materi pameran masuk ke stand lebih awal tanggal 16- 17 Apri 2016. Pembukaan pameran dilaksanakan Senin 18 April 2016 pukul 10.00 Wita usai pawai ta’ruf. Setiap stand kata Didi, akan mendapatkan penilaian dengan memperebutkan piala bergilir Bupati dan Wakil Bupati Kutim. Pameran akan di buka setiap Pukul 19.00-21.00 wita.

Untuk diketahui pembukaan MTQ dipusatkan di Bukit Pelangi, yakni di halaman sarana manasik haji Kompleks Islamic Center Masjid Agung Al-Farouq. Dimulai dengan penerimaan Kafilah di masing-masing pada 15 April, dilanjutkan verifikasi dan pendaftaran peserta di Gedung Serba Guna lantai 2 keeskoan harinya. Pada 17 April dilaksanakan pelantikan Dewan Hakim di Ruang Meranti Kantor Bupati, 18 April pukul 8.00 Pawai Ta’ruf di Kota Sangatta. Dilanjutkan dengan pembukaan pameran Islami pukul 10.00 wita. Dihari yang sama malam harinya, sejak pukul 20.00 wita dilaksanakan pembukaan MTQ tingkat Kabupaten. Kutai Timur. Hari selasa, rabu penyisihan seluruh peserta MTQ, hari kamis 19 – 21 April dilanjut semi final dan final. Kemudian hari jumat tanggal 22 pagi para peserta diberi kesempatan untuk rekreasi dan malam hari dilasanakan Penutupan MTQ tingkat Kabupaten Kutai Timur para peserta meninggalkan ibu kota Kabupaten kembali ke kecamatan pada tanggal 23 April.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments