Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 1006 Koperasi di Kutim, Lebih Dari 20 Persen Mati Suri

1006 Koperasi di Kutim, Lebih Dari 20 Persen Mati Suri

(561 Views) Februari 16, 2015 9:04 pm | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Koperasi dan Usaha Kreatif Kutai Timur menargetkan tahun ini untuk mampu menghidupkan kembali koperasi-koperasi yang saat ini tengah mati suri. Dari data yang ada per Desember 2014, tercatat sebanyak 1006 Koperasi  terdaftar di Kutai Timur dengan berbagai latar bidang usaha. Lebih dari 70 persen hingga saat ini masih dalam posisi aktif dan 20 persen lebih, kini mati suri.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kreatif Kutim, M Husaini, pihaknya berupaya menghidupkan lebih dari 20 persen total koperasi di Kutim, yang kini dalam posisi tidak aktif. Koperasi-koperasi ini akan dilakukan pembinaan kembali serta melakukan pengawasan dalam pembenahan struktur kepengurusan dan usaha. Jika upaya pembinaan ini ternyata tidak mampu menghidupkan, maka tidak menutup kemungkinan koperasi-koperasi  ini dibubarkan atau dilebur, daripada hanya berdiri tetapi tidak dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan anggotanya.

Lanjutnya, selain membantu pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM), pihanya juga berupaya membantu dalam hal permodalan. Walaupun masih tergolong kecil, Dinas Koperasi Kutim sudah bekerjasama dengan salah satu bank Swasta di Sangatta yang memang ikut dalam penyertaan modal pemerintah, dengan menyediakan dana sebesar Rp500 juta, yang akan diberikan kepada koperasi atau Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam bentuk bantuan modal. Tak perlu memiliki agunan, jika koperasi atau UKM tersebut memiliki usaha yang cukup menjanjikan dan jelas maka modal bisa diberikan, sebagai pengecualian.

(voice)

Lebih jauh Husaini mengatakan, pihaknya pun berusahan menjadi mediator dan memfasilitasi antara koperasi dengan pengusaha besar sebagai bentuk kerjasama dalam hal pemasaran. Ini dilakukan agar ke depan, koperasi-koperasi ini mampu mandiri dan tidak bertopang lagi kepada pemerintah.

————-

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments