Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Warga Silva Duta Enggan Konsumsi Air Sumur, Harapkan Air PAM

Warga Silva Duta Enggan Konsumsi Air Sumur, Harapkan Air PAM

(932 Views) September 23, 2016 11:04 am | Published by | No comment

Kuburan Silva Duta

(Pemakaman di dekat lingkungan warga Silva Duta)

Sangatta. Sudah sekitar 2 tahun warga Silva Duta, Desa Sangatta Selatan, menanti air PAM. Berawal dari perluasan lokasi pemakaman umum di dekat pemukiman mereka pada tahun 2014 yang sebelumnya hanya berada di sebelah kiri jalan, diperluas ke arah kanan jalan karena daya tampung sudah penuh, sehingga pemakaman semakin mendekati pemukiman warga Silva Duta.

Hal tersebut menyebabkan sebagian warga enggan mengkonsumsi air sumur untuk kebutuhan memasak dan minum karena merasa jijik. Karena alasan itu, mereka sempat melakukan protes saat pemakaman akan diperluas yang sempat menyebabkan tertundanya penguburan seorang jenazah.

Menurut seorang warga, Kasim, mereka sudah pernah mengajukan permohonan pemasangan melalui RT dan Desa, yang kemudian disyaratkan minimal 30 warga yang mau memasang, setelah warga melakukan pendataan, kemudian terkumpul sekitar 40 warga, setelah syarat minimal pemasangan terpenuhi, warga kemudian kembali mengajukan, tetapi hanya mendapatkan jawaban melalui RT bahwa permohonan tersebut akan ditindaklanjuti, namun sudah 2 tahun sampai sekarang belum ada kejelasan.

(Voice Kasim, Warga Silva Duta)

Kepala Desa Sangatta Selatan, Sjaim, membenarkan warga Silva Duta pernah mengajukan permohonan sambungan, tetapi Ia menduga kemungkinan karena akses yang sulit karena berada diseberang sungai kecil yang menjadi kendala, tetapi pihaknya belum mendapatkan konfirmasi sebab pasti belum adanya tindak lanjut dari PDAM. Pihaknya menyarankan agar warga memperbarui permohonannya melalui RT dan kemudian akan direkomendasikan oleh Desa ke PDAM.

(Voice Sjaim, Kades Sangatta Selatan)

Sementara itu, Kepala Unit PDAM Sangatta Selatan, Nurhadi, mengklarifikasi bahwa tidak ada persyaratan jumlah minimal pemasangan baru bisa dilayani, satu pemasanganpun akan dilayani, asalkan sudah ada pipa induk di lingkungan tersebut, dan untuk Silva Duta, memang belum ada pipa induk, pipa induk adanya di lingkungan Masabang dan Margo Rukun, sementara pipa induk baru akan masuk Silva Duta pada tahun 2017 mendatang. Sebenarnya masyarakat bisa titip meteran di kedua lingkunga tersebut, tetapi biaya pembelian pipa sesudah meteran menjadi tanggungan warga yang mengakibatkan biaya pemasangan akan lebih mahal, belum lagi bila terjadi kebocoran sesudah meteran, warga juga yang harus membayar tagihannya, karena itu, Nurhadi menghimbau agar warga Silva Duta bersabar sampai pipa induk masuk ke lingkungan mereka tahun 2017.

(Voice Nurhadi, Kanit PDAM Sangatta Selatan)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments