Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 165 Kasus DBD dan 2 Meninggal Dunia di Minggu ke-3

165 Kasus DBD dan 2 Meninggal Dunia di Minggu ke-3

(400 Views) Januari 26, 2016 2:43 am | Published by | No comment

Sangatta. Baru memasuki minggu ke 3 bulan januari 2016, telah terjadi 165 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menyebar hampir merata di Kabupaten Kutai Timur.  Dari data yang diperoleh pada Dinas Kesehatan Kutim tersebut, diketahui kasus DBD telah menelan korban jiwa yakni 2 orang meninggal, 1 orang anak berusia 12 tahun  di Kecamatan Rantau Pulung dan 1 seorang ibu berumur 27 thun di Kecamatan Kongbeng.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur dr Aisyah didampingi Kabid P2PL M Yusuf, tingginya angka kasus DBD hingga minggu ke-3 bulan ini karena kini sudah memasuki musim pengujan. Selain itu, terjadinya peningkatan mobilitas masyarakat, kondisi kekumuhan pemukiman yang ada saat ini serta adanya peningkatan jumlah penduduk Kutai Timur.

Ditambahkan Yusuf, ada beberapa langkah yang saat ini diambil pemerintah Kutim. Selain memberikan bubuk abate secara gratis yang bisa didapatkan di Puskesmas terdekat, juga dilakukan foging atau penyemprotan dilingkungan warga untuk mematikan nyamuk dewasa, namun upaya ini dirasa tidak maksimal jika masyarakat sendiri tidak tergugah untuk menyadari pentingnya kegiatan 3 M Plus, yakni menguras penampungan air, mengubur tempat-tempat yang mampu menjadi wadah berkembang biaknya jentik nyamuk DBD, menutup wadah-wadah penampungan air bersih, serta memberihkan pakaian-pakaian yang menjadi wadah nyamuk bersarang.

(voice)

Sementara itu, dari data yang dirilis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga Sangatta,  hingga minggu ke 3 dibulan Januari 2016 tercatat ada sebanyak 115 orang pasien yang dilakukan rawat inap dengan Suspec DBD. Menurut Direktur RSUD Kudungga Sangatta dr Bahrani Hasanal didampingi Kasubsi Hukum dan Humas, H Jumran para pesien ini datang dari berbagai kecamatan di Kutim. Biasanya datang dengan rujukan Puskesmas setempat atau datang langsung ke RSUD Sangatta, dan setelah dilakukan pemeriksaan atau tes darah maka pasien diketahui terindikasi mengidap DBD. Maka langsung dilakukan tindakan rawat inap.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments