Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 22 Ribu Ton Beras Di Kutim Masih Mendatangkan Dari Luar, Kutim Belum Bisa Penuhi Kemandiri Pangan

22 Ribu Ton Beras Di Kutim Masih Mendatangkan Dari Luar, Kutim Belum Bisa Penuhi Kemandiri Pangan

(424 Views) Maret 20, 2017 7:28 pm | Published by | 7 Comments

Sangatta – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur, Hormansyah, mengatakan ketahanan pangan di Kutai Timur, dari kemampuan dibidang ketahanannya sudah mencapai 130 persen. Artinya ketersediaan pangan Kutim tercukupi bahkan lebih, untuk 3 bulan kedepannya. Namun ketersediaan tersebut merupakan dari penyalur-penyalur dari luar, terutama untuk ketersedian beras yang ada ditoko-toko. Ketersediaan ini, sesuai dengan kemampuan masyarakat Kutim, untuk membeli pangan, yang didukung oleh pekerjaan dilapangan sawit.

Namun, untuk  kemandirian pangan di Kutai Timur sendiri, Hormansyah mengakui, hanya mampu memproduksi beras sekitar  22 ribu ton pertahun. Padahal kebutuhan Kutim, dalam satu tahun kurang lebih 45 ribu ton. Artinya, Kutim kekurangan beras, dan  mendatangkan beras dari luar kurang lebih 22 ribu ton. Sehingga, pada bidang kemandirian Kutim, belum bisa memenuhi.

Lebih lanjut, Dia mengungkapkan, pada tahun 2014-2015 hampir semua daerah mengalami elnino termasuk Kutim, sehingga mengalami gagal panen, kurang lebih 2 ribu Ha padi sawah.

Untuk menghadapi keadaan seperti ini, 5 tahun kedepan, Dia berharap dengan program Bupati desa membangun ini, melalui desa, camat memperhatikan hal tersebut, terutama pembangunan cadangan air, embung-embung. Bekerja sama dengan masyarakat dan perusahaan yang ada. Serta diharapkan  semua pihak  terlibat  untuk mempersiapkan sebaik-sebaiknya sebelum hal itu terjadi kembali, agar bisa meminimalisir resikonya gagal panen di Kutai Timur.

Voice : Reporter Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

7 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments