Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » HAPUSKAN KEKERASAN PADA ANAK DAN BERIKAN PERLINDUNGAN HAK

HAPUSKAN KEKERASAN PADA ANAK DAN BERIKAN PERLINDUNGAN HAK

(593 Views) Mei 27, 2015 4:56 am | Published by | No comment

SANGATTA- Sesuai Undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia menjamin kesejahteraan tiap-tiap warga negaranya, termasuk perlindungan terhadap hak anak yang merupakan hak asasi manusia, bahwa anak adalah amanah dan karunia Tuhan yang Maha Esa, yang dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya. undang undang republik indonesia nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang – undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. perubahan ini dituangkan dalam undang-undang nomor 35 tahun 2014 yang diterbitkan pada tanggal 17 oktober 2014 dan pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan anak di daerah.

Berkaitan dengan hal diatas Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Kutai Timur melalui Bidang Perlindungan Anak memaparkan perannya dalam hal perlindungan anak. Dalam Talk Show Halo Kutim program milik Radio Pemerintah Daerah (Rpd) Kutim, Setyo Kasubid Perlindungan Anak menjelaskan bahwa anak- anak yang menjadi korban sebenarnya berasal dari keluarga sendiri. misalnya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pihak orang tua yang pada akhirnya si anak yang jadi korban karena tidak adanya keharmonisan keluarga. bahkan ada pula kekerasan terhadap anak yang membuat mereka trauma sehingga kehidupan dan tumbuh kembang anak tidak baik.

BPPKB melalui Bidang Perlindungan Anak saat ini menekankan berbagai upaya salah satunya adalah P2TP2A” Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak”. memiliki Visi terwujudnya perempuan dan anak di Kabupaten Kutai Timur sebagai warga negara yang bermartabat dan terhormat sesuai dengan hak asasi manusia dengan Misi, memberikan yang meliputi informasi, pelayanan, pendampingan psikologis, sosial dan advokasi hukum terhadap perempuan dan anak. P2TP2A juga hadir untuk mencegah, menghapus kekerasan dan trafiking terhadap perempuan dan anak. sebagai implementasi hukum UU No 32 tahun 2002 tentang perlindungan anak, UU No 23 tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, UU No 13 tahun 2006 tentang perlindungan saksi dan korban. UU No 21 tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang dan surat keputusan bupati Kutim No. 264/K.2.05/2012 tentang pembentukan P2TP2A Kabupaten Kutai Timur.

Surat keputusan Kepala BPPKB Kutim No. SK/14/BPPKB/1/2012  tentang sekretariat P2TP2A kabupaten Kutai Timur. Kontack Hotline P2TP2A 085200016600 dengan alamat jalan Soekarno Hatta No. 1 Eks kantor bupati lama. (Est)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments