Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 30 MILYAR UNTUK POWER PLAN

30 MILYAR UNTUK POWER PLAN

(1276 Views) Mei 17, 2016 7:46 am | Published by | 29 Comments

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur akan mendapat bantuan tiga puluh milyar rupiah dari APBN melalui Kemerintrian Energi dan Sumberdaya Mineral untuk pembangunan Power Plant. Pembangunan power plant yang berbasis biogas tersebut akan diperuntukkan untuk pemenuhan kebutuhan listrik di desa tertinggal. Pembangunan listrik biogas dengan menggunakan limbah sawit yang di sebut pome akan disuplay perusahaan perkebunan sawit yang ada hampir di seluruh kecamatan di Kutai Timur.

Dari keseluruhan perusahaan sawit di kutai timur, terdapat tujuh perusahaan yang dinilai dapat memenuhi kebutuhan limbah sawit sebanyak 45 ton perjam dalam pengoprasian pembangkit listrik tenaga Biogas Pome, salah satunya PT. Gunata Samba di Kecamatan Kaubun dan PT. KIN di Kecamatan Rantau Pulung. Untuk membahas perencanaan pembangunan tersebut Bagian Sumber Daya Alam melakukan rapat yang dihadiri oleh Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, Dinas Tata Ruang, Bapemas dan PLN. Sampai dengan saat ini penuntuan daerah masih dalam kajian.

Ditemui usai rapat, kepala bagian sumberdaya alam dan energy Kutim, Pranowo mengatakan, rencana pembangunannya masih dalam tahap survey untuk menentukan di kecamatan mana, namun sejauh ini Kecamatan Kaubun dinilai memenuhi kriteria pembangunannya. Kriteria pembangunan power plant tersebut adalah adanya Perkebunan Kelapa Sawit (PKS) yang dapat memenuhi kebutuhan oprasional power paln dan kebutuhan listrik penduduknya.

Penentuan pembangunan power plant tersebut diputuskan dengan mempertimbangkan kecamatan mana yang masih banyak memiliki desa tertinggal dan belum berkembang. Dehingga diharapkan dengan adanya listrik masuk desa dapat menunjang perkembangan desa-desa yang teraliri listrik di Kecamatan tersebut.

Dengan dana tiga puluh milyar rupiah untuk pembangunan power plant tersebut nantinya dapat menghasilkan listrik sebesar dua mega watt yang dapat digunakan dua ribu kepala keluarga.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

29 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments