Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 31 Perusahaan di Kutim Zero Accident

31 Perusahaan di Kutim Zero Accident

(686 Views) Februari 11, 2016 8:31 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Pemkab Kutai Timur, Kamis (11/2) pagi menggelar apel gabungan dalam rangka Bulan K3 Nasional Tingkat Kabupaten Kutai Timur 2016. Apel yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kutim ini diikuti seluruh perusahaan, baik perusahaan pertambangan, perkebunan, serta operator perusahaan yang beroperasi di wilayah Kutim.
Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, yang bertindak selaku inspektur upacara dalam kesempatan tersebut menyerahkan penghargaan nihil kecelakaan (zero accident award) kepada 31 perusahaan yang beroperasi di wilayah Kutim. Selain penghargaan zero accident, dirinya juga menyerahkan penghargaan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja pada 10 perusahaan. Ditemui usai upacara, Ardiansyah mengatakan mengutip amanat Menteri Ketenagakerjaan RI bahwa dalam peringatan Bulan K3 kali ini ada target Indonesia menjadi negara dengan berperilaku K3 di 2020, mendatang. Sementara pemerintah sudah memulai menerapkan berperilaku K3 ini pada tahun 2015 lalu. Selain itu, dirinya juga berharap perilaku K3 ini tidak hanya diterapkan di tempat kerja, namun juga menjadi perilaku dan kebiasaan hidup dalam bermasyarakat sehari-hari. Karena kecelakaan kerja tidak hanya bisa terjadi di tempat kerja tetapi juga di lingkungan tempat tinggal. Terlebih pada tahun ini di Kutai Timur ada 31 perusahaan yang menerima zero accident. Tentu merupakan kebanggaan bagi Kutim.
(voice : Bupati K3)
Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kutai Timur Abdullah Fauzi, mengatakan bahwa 31 perusahaan di Kutim yang mendapatkan penghargaan zero accident ini sudah melewati penilaian dan seleksi yang sangat ketat dari tim pemeriksa ketenagakerjaan dari Disnaker Kabupaten, Provinsi dan Pusat. Begitupun bagi 10 perusahaan yang mendapatkan penghargaan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di lingkungan perusahaan. Sedangkan di tingkat Provinsi Kaltim, Kutai Timur menduduki peringkat pertama sebagai daerah dengan perusahaan zero accident tertinggi.
(voice : Disnaker Fauzi K3)
Apel peringatan Bulan K3 Nasional 2016 kali ini diakhiri dengan sebuah simulasi penanggulangan kebakaran dan runtuhnya bangunan di lokasi kerja oleh tim fire rescue PT Indominco Mandiri. Diawali dengan informasi kebakaran, tim yang menggunakan kendaraan pemadam khusus langsung menuju lokasi kejadian. Menyiapkan peralatan dan melakukan penyemprotan di sekeliling bangunan yang terbakar. Sementara tim lainnya, membuat lubang untuk mengeluarkan asap dari dalam bangunan. Sebelum membuat lubang barbentuk segitiga untuk mengeluarkan korban dan memberikan pertolongan darurat awal, sebelum akhirnya korban dilarikan ke rumah sakit untuk penanganan lanjutan.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments