Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 6 Pelajar Yang Jadi Tersangka Curanmor Wajib Lapor

6 Pelajar Yang Jadi Tersangka Curanmor Wajib Lapor

(478 Views) Februari 22, 2017 4:50 pm | Published by | No comment

Sangatta – Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, lantaran terbukti mencuri 7 unit sepeda motor, ke 6 tersangka yang keseluruhannya masih duduk di bangku sekolah, tidak dilakukan penahanan lantaran masih dibawah umur.

penanganan kasus pencurian kendaraan bermotor yang dilakukan enam bocah, masih terus berlanjut. Para pelakupun telah resmi ditetapkan sebagai tersangka. Kendati demikian para pelaku yang masih tercatat sebagai pelajar SMP dan SMK di Sangatta tersebut, untuk sementara waktu tidak ditahan.

Kapolres Kutai Timur AKBP Rino Eko mengatakan, sejauh ini keenam tersangka kasus curanmor yang masih dibawah umur tersebut tidak ditahan. Namun mereka diwajibkan melapor setiap Senin dan Kamis. Hal tersebut, merujuk pada UU Nomor 11 tahun 2012 tentang peradilan pidana anak pada pasal 32 ayat (2) huruf A dan B. Yang berisi penahanan terhadap anak bisa dilakukan apabila anak-anak berumur diatas 14 tahun dan tuntutan hukuman tujuh tahun. Sementara pelaku rata-rata berumur 14 – 17 tahun dan pasal 363 yang disanksikan maksimal hukuman tujuh tahun.

Insert : Kapolrest Kutim

Soal kasus hukum, pihaknya juga  akan merujuk pada pasal 8 UU 11 tahun 2012 yang menyatakan bahwa pidana terhadap anak dilakukan upaya diversi hukum atau peradilan diluar pengadilan. Baik proses penyidikan , penuntutan dan pemeriksaan perkara anak di Pengadilan Negeri, sementara kasus hukumnya pun masih terus berlanjut.

Untuk diketahui, Polres Kutim telah mengamankan keenam anak yakni MA (14), AR (16), AS (16), DC (15), DA (17) dan HW (15), lantaran terlibat dalam kasus Curanmor di wilayah Sangatta Kutim. Dari tangan para pelaku, Polisi menyita 7 unit sepeda motor jenis matic merek Honda Beat.

Voice : Reporter Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments