Menu Click to open Menus
Home » News » 82 Siswa Terbaik Unjuk Gigi di Seleksi Paskibraka – Hanya di Wakilkan 5 Kecamatan

82 Siswa Terbaik Unjuk Gigi di Seleksi Paskibraka – Hanya di Wakilkan 5 Kecamatan

(281 Views) April 4, 2018 8:46 pm | Published by | No comment

Sangatta – Seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Tahun 2018 tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional di Kutai Timur (Kutim) dimulai,). Sebanyak 82 siswa-siswi tingkat SMA terlibat dalam peta persaingan ini. Kegiatan langsung dibuka oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang di GOR Komplek Stadion Kudungga, Jalan Soekarno-Hatta, Sangatta Utara. Sesuai data Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) .Kutim selaku panitia penyelenggara, jumlah calon peserta laki-laki sebanyak 44 orang dan perempuan berjumlah 38 orang.

Tahun ini seleksi Paskibraka hanya diikuti 5 kecamatan yaitu Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Kaubun, Teluk Pandan, dan Sandaran minus 13 kecamatan. Sangatta Utara kembali menjadi perwakilan daerah mengirimkan peserta terbanyak yaitu 62 orang.

Wabup Kasmidi Bulang berpesan kepada calon peserta Paskibraka agar menjadikan kegiatan ini sebagai momen kebanggaan. Berikutnya sebagai generasi muda penerus bangsa, menurut Kasmidi semua peserta yang berkumpul merupakan putra dan putri terbaik Kutim.

Kasmidi mengucapkan selamat berkompetisi kepada seluruh peserta seleksi. Dan berharap peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Sementara itu, Pelatih Paskibraka Kutim Bripka Wahyu Winarko melaporkan syaratpertama masuk dalam seleksi tingkat kabupaten ini cukup ketat yaitu mempunyai tinggi badan putra minimal 168 Cm sedangkan putri 158 Cm. Belum pernah menjadi peserta Paskibraka tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, dan memiliki raport di atas nilai rata-rata kelas.

Dikatakan, Kecamatan Sangatta Utara mengirimkan wakilnya cukup banyak seperti tahun lalu dengan jumlah 34 orang kini melonjak yaitu 62 orang. Dengan rincian laki laki berjumlah 36 orang dan perempuan sekitar 26 orang. Seluruh kecamatan di Kutim turut mengirimkan para siswa-siswi terbaiknya minus Kecamatan Bengalon, Kaliorang, Sangkulirang, Rantau Pulung, Muara Wahau, Kongbeng, Telen, Muara Ancalong, Muara Bengkal, Batu Ampar, Long Mesangat, dan Busang.

Wahyu menambahkan masalah akses jauh di pedalaman turut mempengaruhi jumlah peserta yang terlibat, namun hal ini tidak menjadi kendala tim pelatih menempa peserta dengan latihan baris berbaris mumpuni serta menguji fisik dan mental.

Tim pelatih terdiri dari orang-orang yang sudah berkompeten dibidangnya. Meliputi tim pelatih gabungan berasal dari Kodim, Lanal, dan Polres Kutim, ada juga dari perwakilan Dispora Kutim dan unsur medis yaitu dari Dinas Kesehatan. Seluruh biaya dibebankan pada Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) Dispora tahun anggaran 2018. Nantinya dari 82 peserta seleksi Paskibraka hanya terpilih 36 orang yang lulus seleksi awal. Dari 36 ini secara regular juga mengikuti tahapan seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Kaltim dan Nasional.

Voice : Ester Pakabu

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for 82 Siswa Terbaik Unjuk Gigi di Seleksi Paskibraka – Hanya di Wakilkan 5 Kecamatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.