Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Idrus : Penyaluran Baznas Kutim Jadi Contoh Baznas Di Daerah lainnya

Idrus : Penyaluran Baznas Kutim Jadi Contoh Baznas Di Daerah lainnya

(2942 Views) Juni 22, 2016 8:33 am | Published by | No comment

Sangatta – Ketua Baznas Kutim Idrus Yunus mengatakan bahwa penyaluran zakat dari Baznas Kutim ada dua golongan, yang pertama konsumtif dan kedua produktif. Hal tersebut diungkapkannya  Idrus kepada awak media, usai mengikuti video teleconference Gubernur dengan Bupati/Walikota se Kaltim mengenai pelaksanaan Zakat, pagi tadi yang dihadiri langsung Bupati Kutai Timur, Ismunandar diruang Tempudau Kantor Bupati, Rabu (22/6).

Idrus menjelaskan untuk penyaluran zakat dalam bentuk konsumtif dikemas dalam bentuk Kutim Sehat, Kutim Peduli, Kutim Cerdas, Kutim Taqwa, dam Kutim sejahtera.

Dia menjelaskan masing – masing ada peruntukannya, Kutim Peduli adalah bantuan yang diberikan Baznas untuk membantu masyarakat yang terkena musibah seperti banjir, kebakaran dan lainnya. Kutim sehat adalah bantuan yang diberikan orang-orang yang sakit, baik di Rumah Sakit maupun dilaur Rumah sakit. Kutim Cerdas adalah bantuan yang diberikan dalam bentuk beasiswa kepada anak-anak mustahik atau kelurga kurang mampu. Dia mengungkapkan sampai saat ini Baznas Kutim telah membiayai 14 orang anak, mereka diberikan beasiswa full yang dikuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syahri’at di Jawa Tengah, mereka dibiayai mulai dari tempat tinggal, biaya kehidupan sehari-sehari sampai biaya transpotasi Pulang-Pergi (PP) untuk berlibur ke Kutai Timur.

Kutim Taqwa adalah bantuan yang dberikan baznas dalam bentuk pembinaan dan pemberian al-qur’an dan buku-buku, sampai saat ini, Idrus mengatakan Baznas Kutim telah memberikan 10.000 alqur’an yang diberikan kepada masyarakat yan ada di Kutim , yakni kepada kelompok-kelompok yasinan dan lainnya yang tersebar di 18 Kecamatan yang ada di Kutim. selain itu juga telah menyalurkan 10.000 paket buku kepada anak-anak TK Al-Qur’an. Baznas Kutim juga membina kelompok-kelompok yasinan di kampung-kampung,  dan memberikan bantuan kepada guru-guru yang mengajar di madrasah, selanjutnya memberikan santunan kepada dai-dai yang ada di Kutim. Kutim sejahtera adalah bantuan berupa renovasi rumah masyarakat miskin yang tidak memiliki rumah dan sampai saat ini Baznas Kutim telah membangun 200 Rumah Layak Huni (RLH) yang tersebar di 18 Kecamatan di Kabpaten Kutai Timur.

Lebih lanjut, Idrus Yunus menjelaskan Penyaluran Zakat yang ke dua yakni Produktif yaitu memberikan bantuan yang berbentuk produktif untuk memberdayakan masyarakat, dan bantuannya tidak dalam bentuk uang. Idrus mengatakan sampai saat ini, sudah ada 160 kelompok sudah terbentuk di Kutim yang terdiri dari kepala keluarga mustahik. Dari 160 kelompok tersebut, 145 kelompok berkonsentrasi pada budidaya ternak kambing. Dia mengungkpakan kambing yang dibutuhkan adalah 7000 ekor kambing, yang akan dibudidaya secara bergulir, sampai bulan mei 2016 Baznas Kutim sudah mendroop 1000 kambing unggul dari madiun. Dari budidaya ini kedepannya dia  berharap Kutim bisa menjadi sentra budidaya ternak. 15 kelompok lainnya adalah yang berkonsentrasi pada tumbuhan holtikultura yang dibina selama tiga tahun. Selain itu, para penerima bantuan juga akan dibina bagaimana cara menjadi peternak yang baik dan bagaimana menanaman tanaman yang yang baik.

Lebih jauh, Idrus katakan dari program Baznas Kutim pada tahun 2015 mendapatkan penghargaan Zakat Award tingkat Nasional oleh Mentri Agama RI, pada kategori management kelembagaan Baznas se-Indonesia.

Voice Ketua Baznas Kutim

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments