Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 9 Desa di Kutim Akan Terapkan PAMDes

9 Desa di Kutim Akan Terapkan PAMDes

(528 Views) Desember 21, 2015 1:39 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Untuk mengatasi permasalahan kekurangan air bersih khususnya bagi desa-desa yang tidak terjangkau layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sangatta, Pemerintah Kutai Timur akan segera menerapkan sistem pengolahan air minum desa (PAMDes) yang mengadopsi sistem PAMDes Gunung Kidul Jawa Tengah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur Suprihanto, mengatakan bahwa saat ini ada 9 Desa di Kutai Timur yang akan menjadi pilot projek atau percontohan pelaksanaan PAMDes ini. Kesembilan desa yang tersebar di 18 Kecamatan ini diusulkan setelah sebelumnya Pemkab Kutim melakukan studi banding pengelolaan PAMDes di Desa Gunung Kidul Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. Kesembilan desa ini memang tidak terjangkau jaringan air bersih PDAM, namun diketahui memiliki sumber air baku seperti sungai atau danau yang mampu dikelola untuk air bersih.

Lanjut Suprihanto, dengan menggandeng tenaga konsultan dan surveyor dari Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta, saat ini proses pengorganisasian masyarakat dan di desa-desa yang menjadi percontohan sitem PAMDes ini sudah hampir rampung. Sementara itu biaya yang dianggarkan oleh Bappeda Kutim untuk menyelesaian tahapan ini sebesar Rp 400 juta. Sementara untuk besaran kapasitas air bersih yang dihasilkan, karena menggunakan sistem PAMDes, kemungkinan kapasitasnya juga kacil atau dibawah 5 liter per detik. Selain itu, listrik juga akan menjadi kendala dalam operasional PAMDes ini. Pemerintah Kutim akan mencarikan jalan keluar, apakah menggunakan listrik tenaga surya ataukah mengkombinasinya dengan genset.

(voice)

Lebih jauh dikatan Suprihanto, nantinya, tim survei ini akan merekomendasikan desa mana yang bisa segera dilakukan pekerjaan fisik untuk pembangunan instalasi PAMDes tersebut. Sedangkan untuk anggaran pembangunan fisik dan instalasi PAMDes, selain Pemkab Kutim akan menyiapkan alokasi anggarannya, juga pembiayaannya akan dikombinasikan dengan pemanfaatan anggaran Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan PNPM di masing-masing Desa tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments