Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » abup saat melantik pengurus BAZ/UPZ kelurahan dan desa di Sangatta Utara belum lama ini. (nuzul humas) Wabup Lantik Pengurus BAZ/UPZ Diharapkan Penerimaan Zakat Meningkat

abup saat melantik pengurus BAZ/UPZ kelurahan dan desa di Sangatta Utara belum lama ini. (nuzul humas) Wabup Lantik Pengurus BAZ/UPZ Diharapkan Penerimaan Zakat Meningkat

(903 Views) Maret 31, 2015 7:02 am | Published by | 3 Comments

SANGATTA- Untuk mempermudah pelayanan terkait kegiatan penggalangan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf dari masyarakat, baik individu, kelompok organisasi, instansi, dan perusahan yang ada disekitarnya, khususnya wilayah Sangatta Utara, Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman akhirnya melantik Pengurus BAZ (Badan Amil Zakat) / UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kelurahan Teluk Lingga, Desa Swarga Bara serta Desa Singa Gembara Kecamatan Sangatta Utara.
Pengurus BAZ/UPZ dua desa dan satu kelurahan tersebut dilantik berdasarkan surat keputusan BAZ-NAS Kutim Nomor 01,02,03/Kep/Basnaz-KUTIM/III/2015. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Sangatta Utara. Tampak hadir menyaksikan pelantikan tersebut diantaranya Kepala Kementrian Agama Kutim, Camat Sangatta Utara, tokoh agama dan masyarakat, serta Pengurus BAZ/UPZ Kelurahan Teluk Lingga, Desa Swarga Bara serta Desa Singa Gembara Kecamatan Sangatta Utara.
Wabup Ardiansyah Sulaiman saat itu menegaskan bahwa Basnaz Kutim bukanlah badan koperasi dan juga bukan organisasi Bisnis. Tidak pula lembaga swadaya masyarakat, melainkan organisasi yang oleh agama Islam diberi kewenangan untuk berinovasi mengumpulkan zakat dari masyarakat.
“Untuk kemudian dikembalikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat sesuai yang tercamtum dalam Alquran.
Dijelaskan oleh Ardiansyah, ada 8 asnab atau golongan yang berhak menerima zakat yakni fakir, miskin, amil, muallaf, hamba yang memerdekan diri, orang-orang yang berhutang, orang-orang yang berada pada fisabilillah dan ibnu sabil. Wabup berharap dengan dilantiknya pengurus BAZ/UPZ tingkat kelurahan dan desa ini dapat memaksimalkan penerimaan zakat di Kecamatan Sangatta Utara. Dia mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk gemar dan ringan membayar zakat. Sebab, katanya, sudah banyak penjelasan dalam Alquran dan Hadist, bahwa kehidupan orang yang banyak berinfak tidak akan tidak akan di sia-siakan oleh Allah SWT.
Ketua BAZ NAS Kutim Idrus Yunus mengatakan tugas pengurus BAZ/UPZ ini nantinya adalah menyalurkan dan mendayagunakan zakat kepada mustahik atau penerima zakat. Untuk itu Amil Zakat dituntut untuk meningkatkan kompetensi dan merancang strategi pemhimpunan zakat secara professional dengan manajemen pengelolaan yang baik. Dapat memahami motivasi donatur (muzaki), program dan metode organisasi. Menurutnya secara manajemen, lembaga pengelola zakat perlu melakukan berbagai perubahan, mulai manajemen, sistem pengumpulan, pendistribusian hingga pendayagunaan zakat. Dia berharap dengan dilantiknya pengurus BAZ/UPZ ini nantinya dapat mendorong semangat para Amil Zakat untuk mengimplementasikan penyegaran pelaksanaan ajaran Islam di wilayahnya. Khususnya dalam hal pelaksanaan zakat untuk kesejahteraan umat.
“(Kegiatan pengumpulan dan pengelolaan zakat) ini merupakan sebuah cita-cita agung yang membutuhkan kerjasama apik. Harus dapat bersinergi dengan seluruh elemen yang ada, umara, ulama, serta tokoh-tokoh masyarakat,” sebut mantan Asisten Pemerintahan Pemkab Kutim ini.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

3 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments