Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Air Asin Mulai Masuk, PDAM Sangatta Segera Siaga 1

Air Asin Mulai Masuk, PDAM Sangatta Segera Siaga 1

(453 Views) Agustus 31, 2015 12:00 pm | Published by | No comment

Sangatta. Belum lagi masalah kemarau yang membelit PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta, kini PDAM Sangatta dihadapkan dengan masuknya air laut ke dalam sungai Sangatta.

Menurut Direktur PDAM Sangatta Aji Mirni Mawarni, memang dari hasil pemantauan terakhir, intrusi air laut belum begitu masuk ke Sungai Sangatta. pihaknya berpatokan jika intrusi air laut ini sudah mencapai jembatan pinang, maka kemungkinan besar PDAM Sangatta akan Siaga 1.

Lanjutnya, jika kadar klorida yang ada masih dibawah 250 gram per liter maka masih ada toleransi, namun jika sudah hampir mencapai 500 gram per liter maka dipastikan PDAM Sangatta akan berhenti beroperasi karena mesin yang ada tidak mampu mengolah air asin. Pihaknya akan kembali melakukan pengecekan kadar klorida atau garam pada air Sungai Sangatta, sembari berharap intrusi air laut ini tidak masuk ke Sungai Sangatta karena PDAM Sangatta tidak memiliki alternatif sumber air baku lain selain Sungai Sangatta.

Lebih jauh, Mawar mengatakan, pihaknya hanya menghimbau agar masyarakat dapat menghemat penggunaan air bersih yang ada dan tidak mubazir. Masyarakat diminta menyiapkan penampungan air bersih dan tidak membuang-buang air sepeti untuk menyiran jalanan dan lainnya, namun benar-benar digunakan untuk keperluan sehari-hari.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of