Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ajak Masyarakat Untuk Selamatkan Kars Kutim

Ajak Masyarakat Untuk Selamatkan Kars Kutim

(4291 Views) Januari 13, 2016 6:19 am | Published by | No comment

SANGATTA – Mahasiswa Pencinta Alam SETAPAK Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Kutai Timur (Kutim) belum lama ini menyelenggarakan Temu Pencinta Alam Se-Kalimantan Timur ke XIV. Kegiatan dimaksud bertujuan untuk mengajak semua pihak menyelamatkan lingkungan, khususnya kawasan kars Kutim.

“Kawasan karst Sangkulirang-Mangkalihat yang diusulkan sebagai warisan dunia adalah salah satu langkah yang ditempuh untuk mempertahankan kawasan tersebut. Tapi usulan tersebut sebenarnya belum cukup untuk melindungi kawasan itu. Perlu kesadaran dari banyak pihak untuk berperan dan berpartisipasi dalam bentuk lain bukan hanya melestarikan karst-nya saja. Namun juga sistem di dalamnya termasuk kebudayaan masyarakatnya,” kata Ketua Panitia Prisca Cintya Dewi.

Melalui kegiatan yang dilakukan di Kecamatan Karangan melibatkan organisasi- organisasi pencinta alam seluruh kaltim dari tingkat universitas, sekolah hingga umum bertujuan memperkenalkan dan mengajak turun langsung melihat kawasan karst. Disebut oleh Prisca, tema yang diangkat pada pertemuan dimaksud yakni “Aktualisasi Gerakan Pecinta Alam Terhadap Lingkungan dan Masyarakat” mengangkat isu tentang pelestarian kawasan Karst beserta sistemnya. Terselenggara berkat kerjasama Pemkab Kutim, RPD Kutim serta masyarakat Kecamatan Karangan.

Alam-Doa Bersama Sebelum BerangkatPeserta tiba di kampus Stiper Kutim dan mendapat pengarahan dari Kepala Bagian Sumber Daya Alam Sekertariat Kabupaten Kutai Timur Ir Pranowo. Sekaligus melepas peserta TPA menuju Kecamatan Karangan dengan menempuh 7 jam perjalanan. Tiba di kecamatan Karangan peserta langsung disambut oleh perangkat desa dan lembaga adat setempat di Kantor Desa Karangan Hilir.

MPA SETAPAK memilih Kecamatan Karangan sebagai konsentrasi kegiatan dengan alasan kearifan lokal setempat, dan budaya luhur yang terbentuk karena keunikan lingkungannya. Alasan lain yaitu banyak potensi wisata yang belum dioptimalkan.

“Semua potensi wisata alam tersebut adalah bagian dari sistem karst, seperti pemandian air panas, gua-gua pra sejarah, budidaya anggrek hitam dan gaharu, bahkan cerita rakyat, hal tersebut perlu dilestarikan dan diperkenalkan melalui momen TPA 14 ini,” jelasnya.

TPA 14 murni terlaksana atas kerjasama dan bantuan dari masyarakat Karangan sendiri. Dijelaskan olehnyam SETAPAK memandang saat ini masyarakat hanya dijadikan objek, bukan subjek pengelola daerahnya sendiri. Diharapkan dari kegiatan ini, MPA SETAPAK memberikan ruang tersendiri bagi masyarakat untuk bangga memperkenalkan daerah mereka. MPA SETAPAK sebagai tuan rumah hanya sebagai fasilitator penyelenggara acara. Kegiatan dimaksud dihadiri oleh 14 organisasi dan 54 peserta pencinta alam dari seluruh wilayah Kaltim. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah trip wisata alam dan sejarah seperti perjalanan ke Marang Gua Mengkuris, Permandian Air Panas, Batu Tamiang dan Air Terjun “Segara Adin” dilanjutkan diskusi bersama masyarakat. Forum temu pencinta alam yang membahas hasil dari kegiatan hingga tindak lanjutnya,

“Diharapkan kedepan Kecamatan Karangan dapat menjadi daerah yang tetap mempertahankan kelestarian alam dan kebudayaannya,” harap Prisca.

Masyarakat Karangan yang diwakili oleh Linus, yang selama ini terus mendampingi jalannya kegiatan menyampaikan terima kasih kepada MPA SETAPAK. Karena telah peduli dan memperkenalkan apa yang ada di daerah Karangan.

“Kami dan berharap setelah kegiatan ini, wilayah karst dan tempat kami dapat dikenal oleh masyarakat luas dan tetap terjaga alamnya,” kata Linus.

Kegiatan dimaksud diakhiri dengan aksi penandatanganan kain sepanjang 4 meter oleh semua peserta TPA 14 dan masyarakat Karangan sebagai wujud komitmen bersama dalam menjaga dan melestarikan sistem Karst. Peserta yang datang diharapkan dapat bersama-sama belajar langsung dari kearifan lokal dan dapat kembali memperkenalkan di daerahnya masing-masing.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments