Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ajukan 5 Raperda, Wabup Kutim Minta Raperda Pemilihan Kepala Desa Jadi Prioritas Utama

Ajukan 5 Raperda, Wabup Kutim Minta Raperda Pemilihan Kepala Desa Jadi Prioritas Utama

(518 Views) Mei 10, 2016 12:13 pm | Published by | No comment

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur (Kutim) mengajukan 5 rancangan peraturan daerah (Raperda) Kutai Timur kepada DPRD Kutim, agar bisa dibahas menjadi Perda. Kelima raperda tersebut adalah, Raperda Bangunan Gedung, Raperda Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Raperda Kepariwisataan, Raperda perubahan Perda Nomor 5 tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat Wilayah (Itwil), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta Lembaga Teknis Daerah dan Lembaga Teknis Daerah lainnya. Serta yang terakhir adalah Raperda Pemilihan Kepala Desa.

Usai mengikuti Sidang Paripurna Istimewa terkait usulan kelima raperda tersebut, Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang kepada awak media mengatakan bahwa kelima raperda tersebut sangatlah penting untuk dijadikan peraturan daerah (Perda). Hal ini mengingat urgensi atau kepentingan masing-masing Perda yang akan mendasari dari pelaksanaa pemerintah dalam pengambilan kebijakan dan pengelolaan daerah. Seperti perlunya perda dalam pengelolaan kepariwisataan Kutai Timur.

Namun menurutnya, dari 5 raperda yang diusulkan tersebut, yang terpenting dan saat ini sangat mendesak untuk segera dibahas adalah Raperda Pemilihan Kepala Desa. Hal ini mengingat hampir 94 persen kepala desa dari 132 Desa di Kutim atau saat ini ada sebanyak 89 pejabat sementara menjabat sebagai kepala desa di Kutim. Hal ini tidak bisa disepelekan mengingat pentingnya posisi kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan di desa terutama terkait dalam pertanggungjawaban dalam penggunaan dana desa. Sehingga dirinya berharap perda pemilihan kepala desa ini dapat selesai dibahas dalam sebulan kedepan. Mengingat pada bulan September mendatang akan dilakukan pemilihan kepala desa serentak di Kutai Timur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments