Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ajukan Sumber Air Baku Baru, Usulan Camat Sandaran Tertolak di Musrembang Kabupaten

Ajukan Sumber Air Baku Baru, Usulan Camat Sandaran Tertolak di Musrembang Kabupaten

(469 Views) Juni 20, 2016 8:43 am | Published by | No comment

Sangatta. Untuk mengatasi permasalahan  air bersih di Kecamatan Sandaran, Camat Sandaran Muhammad Taher Pekang mengusulkan agar sumber air baku PDAM yang selama ini berasal dari Sungai Manubar, dipindah sumber air bakunya ke Sungai Tadoan.

Dikatakan Taher, jika hanya berharap dari sungai Manubar, aktivitas PDAM di Kecamatan Sandaran tidak pernah maksimal. Saat ini saja PDAM Sandaran hanya mampu melayani 2 RT (Rukun Tetangga) atau sekitar 80 KK di Desa Manubar Kecamatan Sandara. Bahkan jika sudah memasuki musim kemarau, air yang dialirkan PDAM terasa asin karena tersedot air laut.

Lanjutnya, walaupun jarak Sungai Tadoan menuju Intake PDAM Sandara sekitar 18 km, namun karena posisinya yang tinggi sehingga tidak lagi memerlukan mesin pendorong. Selain itu, kualitas air sungai Tadoan juga jernih dan bersih dengan kapasitas yang cukup besar. Jika menggukan sumber air dari Sungai Tadoan ini, maka PDAM Sandaran mampu melayani 3 desa yang ada di Kecamatan Sandara, yakni Desa Tadoan, Desa Manubar dan Manubar Dalam, terkecuali Desa Susuk yang jaraknya cukup jauh. Namun Taher mengaku tidak mengerti mengapa usulannya tersebut ditolak dalam Musrembang Kabupaten, beberapa waktu lalu, dengan alasan Sungai Manubar masih layak digunakan. Karenanya, Taher berharap Direksi PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta, dapat meninjau kondisi Sungau Tadoan sehingga usulan ini bisa kembali diajukan pada program pembangunan yang akan datang.

 (Voice : Camat Sandaran Taher – Usulkan Sumber Air Baku Baru)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments