Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Akhir Tahun 2017, Sangatta Dan Sebagian Wilayah Kutim Bakal Dapat Suplai Listrik Dari Sistem Besar Mahakam

Akhir Tahun 2017, Sangatta Dan Sebagian Wilayah Kutim Bakal Dapat Suplai Listrik Dari Sistem Besar Mahakam

(3891 Views) Maret 15, 2017 6:43 am | Published by | 159 Comments

Sangatta – General Maneger PT.PLN (Persero) Wilayah Kaltim dan Kaltara, Rustam Aji mengatakan Excess Power ( Kelebihan Listrik) dari PT. KPC yang akan digunakan PLN ini merupakan suatu hal yang sangat positif dan tentunya dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Hal tersebut diungkapkan pada acara Nota Kesepahaman Penjualan dan Pembelian Listrik Lebih (Excess Power) antara PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dengan PT.PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, di Komplek Pembangkit Listrik  Tenaga Uap (PLTU) milik  PT.KPC Tanjung Bara Sangatta, Selasa (14/3/17).

Rustam menjelaskan saat ini kondisi listrik di Kutim, beban puncak di Sangatta sampai saat ini telah mencapai 18 MW, dari 18 tersebut 8 MW disuplai dari jaringan Teluk Pandan, sisanya didapatkan dari pembangkit PLTD yang tersebar, dengan beban sekitar 11 MW.

Rustam mengatakan dengan adanya tambahan Excess Power dari PT.KPC ini, tentunya akan memperkuat dan lebih meningkatkan keandalan sistem yang ada di Kutim khususnya di Sangatta dan sekitarnya. Namun, sesuai dengan rencananya PLN, dalam waktu dekat ini dan masih ditahun 2017, sudah merencanakan dan sifatnya hanya menunggu kedatangan kapasitas dari pembangkit sebesar 11 mw dari Pembangkit Tenaga Diesel (PLTD) yang tersebar. Kenapa PLTD, karena sistem-sistem yang ada di Kutim masih lebih banyak didominasi, oleh sistem yang sifatnya isolated dan belum tersambung kedalam suatu sistem yang besar.

Lebih lanjut, Ia berharap rencana tersebut akan selesai diakhir tahun 2017, jika sudah selesai  maka Sangatta akan terhubung kedalam sistem besar mahakam, yang notabene disistem mahakam saat ini PLN sudah memiliki kapasitas yang lebih (surplus). Sehingga pada saat jaringan transmisi 150 kw ini selesai, di Sangatta dan sebagian wilayah Kutim akan  disuplai dari sistem Mahakam, artinya bisa saja listrik yang sampai di Sangatta berasal dari balikpapan.

Insert : Rustam Aji

Tujuannya untuk mendukung apa yang diprogram Pemda, untuk meningkatan kehidupan dan perekonomian masyarakat. Karena PLN bertekat, namun tentunya tidak bisa instans dan akan dilakukan secara bertahap, bahwa pelayanan kelistrikan khususnya dikutim akan ditingkatkan.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

159 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments