Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Akibat Masalah Lahan, Perbaikan Jalur Sangatta – Rantau Pulung Bakal Tak Masuk dalam Rencana Pembangunan Kutim Tahun Depan.    

Akibat Masalah Lahan, Perbaikan Jalur Sangatta – Rantau Pulung Bakal Tak Masuk dalam Rencana Pembangunan Kutim Tahun Depan.    

(624 Views) April 27, 2015 8:20 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutai Timur mengakui jika  hingga kini belum mampu menyelesaikan perbaikan jalan, jalur Sangatta – Rantau Pulung. Menurut Kepala Dinas PU Kutim, Aswandini Eka Tirta, masih ada sepanjang 1,9 Km jalur Sangatta – Rantau Pulung yang kini masih dalam kondisi rusak parah.

Dijelaskan  Aswan, bukannya tidak mau melakukan perbaikan jalur tersebut, namun pihaknya terkendala akibat adanya klaim dari seorang warga atas kepemilikan lahan yang menjadi bagian dari jalan dan meminta agar Pemkab Kutim mengganti rugi atas luasan lahannya yang diambil menjadi jalan poros Sangatta – Rantau Pulung ini. Pihaknya sudah meminta Camat Sangatta Utara dan Camat Rantau Pulung untuk duduk bersama menyelesaikan permasalahan warga ini, karena untuk permasalahan tanah atau lahan di lapangan, kedua pemangku kekuasaan ini lah yang lebih mengetahuinya.

Bukan permasalahan besar kecilnya nilai ganti rugi yang diajukan warga tersebut, akan tetapi mereka mengklaim panjang jalur  yang harus dibebaskan oleh Pemkab Kutim adalah sepanjang  30 Km . Tentunya hal ini sangat memberatkan Pemkab Kutim. Selain itu, sepengetahuannya, sebelum ada warga bermukim di daerah tersebut, jalur ini memang telah lama menjadi jalur transportasi masyarakat Sangatta menuju Rantau Pulung, ungkap Aswan yang membandingkan jalur tersebut tak jauh berbeda dengan jalur Sangatta – Bontang.

(voice)

Lebih jauh Aswan mengatakan, jika permasalahan ini berlarut-larut, maka kemungkinan besar Pemkab Kutim akan mengesampingkan terlebih dahulu perbaikan jalur Sangatta – Rantau Pulung ini pada rencana proyek-proyek ke depan. Selain meminta kedua camat untuk turun tangan, dirinya juga minta koordinasi tokoh-tokoh masyarakat di kedua kecamatan agar permasalahan jalur ini dapat segera rampung. Karena pada intinya, jika jalur ini bagus maka yang diuntungkan juga masyarakat umum sebagai pengguna jalan.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of