Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Akibat Penolakan Enclave TNK, Pembangunan Bandara Sangkima Semakin Tidak Jelas    

Akibat Penolakan Enclave TNK, Pembangunan Bandara Sangkima Semakin Tidak Jelas    

(536 Views) April 27, 2015 8:14 am | Published by | No comment

Sangatta. Proses kelanjutan pembangunan Bandara Sangkima Sangatta ternyata hingga kini masih terkatung-katung akibat belum jelasnya status kawasan setelah ditolaknya Keputusan Menteri Kehutanan terhadap alih fungsi  sebagian kawasan Taman Nasional Kutai (TNK).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kutai Timur Johansyah Ibrahim didampingi Kabid Perhubungan Udara Chairudin, kelanjutan pembangunan Bandara Kenyamukan yang sebelumnya terhambat akibat lahan yang ada di Kecamatan Sangatta Selatan masih berstatus TNK, kini semakin tidak jelas setelah adanya penolakan keputusan Kemenhut oleh Isran Noor yang pada waktu itu masih menjabat sebagai Bupati Kutim. Padahal dari 7.816 hektar kawasan TNK yang telah disetujui Kemenhut untuk berubah alih fungsinya tersebut, sudah termasuk kawasan yang rencananya akan dibangun Bandara Sangkima.

Ditambahkan Chairudin, saat ini Dishub Kutim hanya dalam posisi menunggu langkah yang akan diambil oleh Bupati Kutim yang baru, apakah ikut menolak putusan Kemenhut tersebut atau malah menerima terlebih dahulu kawasan yang telah berubah alih fungsinya dan baru memperjuangkan sisa kawasan yang belum berhasil di enclave. Hal ini karena mengingat  Kutai Timur sebagai daerah berkembang, tentunya sangat pas jika memiliki bandara sendiri dan tidak lagi mengikut pada bandara milik perusahaan. Selain itu, rencana pembangunan Bandara Sangkima ini sudah hampir matang karena sudah dilakukannya studi kelayakan dan amdalnya, hanya masterplannya saja yang tertunda  akibat belum adanya kejelasan rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) Kutai Timur.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of