Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Akui Kekurangan Personil Hingga Sapras, BPBD Kutim Butuh Tambahan Tenaga Lapangan

Akui Kekurangan Personil Hingga Sapras, BPBD Kutim Butuh Tambahan Tenaga Lapangan

(22 Views) Oktober 2, 2019 6:37 pm | Published by | No comment

Sangatta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) merasa kewalahan dalam menangani kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dua bulan terakhir ini. hal ini dikarenakan kurangnya personel bertugas dilapangan dan masih minimnya alat sarana dan prasarana yang digunakan.

Hal tersebut sempat terungkap pada rapat coffe morning dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beberapa waktu yang lalu, ditengah maraknya kasus kebakaran lahan dan hutan di Kutim. dikonfirmasi terkait hal ini,  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim Syafruddin, melalui Sekretaris BPBD Agung, Rabu (2/10/2019) membenarkan bahwa pihaknya (BPBD) sampai saat ini masih kekurangan tenaga khususnya yang bertugas dilapangan. Ia menjelaskan,  personel yang ada bahkan lebih didominasi perempuan sebagai tenaga administrasi sehingga pihaknya berharap agar ada penambahan personil khususnya untuk laki- laki di BPBD. Lanjut Agung, jumlah personel yang ada hanya 80 orang saja, sementara jika mengikuti standar harusnya 150 personel.

Selain kekurangan tenaga lapangan, Agung mengakui sudah banyak alat sarana prasarana yang mengalami kerusakan sehingga tidak layak lagi untuk digunakan apabila ada kejadian, misalnya kebakaran. Namun, Ia mengatakan tahun ini alat sarana prasarana tersebut akan dilengkapi untuk mendukung operasional yang ada. yang ada sekarang water tank hanya ada satu, truk serbaguna satu, mobil rescue satu namun sudah rusak. sementara untuk pemadaman seperti selang juga sudah rusak. rencana tahun ini akan dianggarkan beberapa jenis kendaraan untuk pemadaman baik roda empat maupun roda dua dan sejumlah alat pemadaman lainnya.

Voice Amelia

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Akui Kekurangan Personil Hingga Sapras, BPBD Kutim Butuh Tambahan Tenaga Lapangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.