Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Anak Lahir Langsung Diberi Akte Kelahiran

Anak Lahir Langsung Diberi Akte Kelahiran

(575 Views) Februari 15, 2016 11:51 am | Published by | No comment

SANGATTA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terus melakukan terosan peningkatan pelayanan bagi masyarakat. Paling baru, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi mengurus akte kelahiran anak baru lahir ke Kantor Disdukcapil di Kawasan Pusat Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, karena SKPD (satuan kerja perangkat daerah) yang menangani masalah pendudukn ini tengah menjajaki system kerjasama dengan beberapa rumah sakit yang ada di Sangatta. Termasuk rumah sakit swasta untuk dapat langsung menerbitkan akte kelahiran bagi seluruh bayi yang baru lahir di rumah sakit.

“Tahap awal kerjasama akan dilakukan dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kudungga. Alhamdulillah ditanggapi positif oleh pihak RSUD dan menyatakan mau bekerjasama,” kata Kepala Disdukcapil Yanuar Harlian Putra Lembang Alam di Ruang Kerjanya.

Saat ini mekanisme kerjasama serta teknis pelaksanaan program dimaksud tengah dibahas bersama antara pihaknya dengan RSUD. Nantinya, kata Yanuar, masyarakat harus membantu menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Tentunya untuk mempermudah proses pembuatan akte kelahiran bayi. Misalnya kartu keluarga, foto copy KTP orang tua, surat nikah atau akta nikah serta nama anak. Sehingga setelah keluar dari rumah sakit, anak sudah memiliki akte kelahiran baru dan tak perlu repot datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Tahun 2016 ini, Disdukcapil akan bekerjasama dengan RSUD Kudungga mulai melakukan pendataan setiap ibu yang melahirkan. Selanjutnya RSUD akan menerbitkan surat keterangan lahir yang menjadi acuan untuk penerbitan akte kelahiran bayi.

“Jadi prosesnya semakin cepat, tidak perlu lagi ke disdukcapil. Pelayanan ini juga nantinya akan melibatkan rumah sakit swasta lainnya. Kemudian juga didukung dengan system online,” sebut Yanuar lagi.

Jika kesepakatan kerjasama telah dilakukan, Disdukcapil akan melakukan program “jemput bola” untuk mendata setiap kelahiran di rumah sakit. Kerjasama akan dimulai dengan RSUD Kudungga, karena di tempat ini paling banyak terjadi proses kelahiran. Dengan menggunakan sistem online tentunya akan meningkatkan lavel penilaian terhadap RSUD Sangatta.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments