Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Anggaran Dana Desa Besar, Pemerintah Ingatkan Aparat Desa Benar-benar Manfaatkan Sesuai Aturan

Anggaran Dana Desa Besar, Pemerintah Ingatkan Aparat Desa Benar-benar Manfaatkan Sesuai Aturan

(512 Views) September 14, 2015 8:36 am | Published by | No comment

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur berharap Kepala Desa beserta aparatnya benar-benar bijaksana dalam pemanfaatan dan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah pusat.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kutai Timur Erlyan Noor,  anggaran dana desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah sangat besar nilainya. Hampir merata setiap desa mendapatkan anggaran berkisar Rp1 miliar, walaupun ada beberapa desa mendapatkan dibawah nilai tersebut dan ada juga desa yang mendapatkan anggaran hingga Rp1,4 miliar. Hal ini tergantung dari penilaian kebutuhan masing-masing desa dan jumlah penduduk yang ada.

Lanjutnya, dengan besarnya anggaran yang diberikan pemerintah pusat dan daerah hendaknya membuat aparat desa benar-benar berhati-hati dalam membelanjakan dana ini. Berpedoman pada aturan yang ada agar tidak menimbulkan permasalahan hukum dikemudian hari.

(voice)

Lebih jauh dikatakan, sesuai peraturan menteri (Permen) pedesaan nomor 5 tahun 2015, ada prioritas penggunaan dana desa diantaranya bertujuan untuk pembangunan desa yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup dan penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar seperti kesehatan, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments