Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Anggarkan Rp 4 Miliar, Dishub Kutim Bangun Ulang Terminal Bus Sangatta Selatan

Anggarkan Rp 4 Miliar, Dishub Kutim Bangun Ulang Terminal Bus Sangatta Selatan

(386 Views) Mei 12, 2016 3:30 am | Published by | No comment

Sangatta. Dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 miliar, tahun ini Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kutai Timur akan mulai melakukan pembangunan ulang Terminal Bus Sangatta Km 3 Sangatta Selatan. Hal ini disampaikan Kepala Dishubkominfo Kutai Timur Johansyah Ibrahim didampingi Kabid Perhubungan Darat Ronny Bonar HS.

Kepada awak media dikatakan, saat ini rencana pembangunan terminal bus Sangatta sudah memasuki tahapan lelang, kemudian dilanjutkan proses land clearing dan pembangunan bangunan penunjang terminal. Walaupun pagu anggaran yang disiapkan sebesar Rp 4 miliar, namun estimasi biaya untuk land clering lahan dan pembangunan bangunan penunjang, hanya menghabiskan sekitar Rp 3,8 miliar. Terlebih tahun ini sudah tidak ada proyek multiyears lagi.

Lanjut Ronny, nantinya proses pembangunan akan dilakukan dari lahan bagian belakang. Sementara bangunan terminal yang sudah ada masih akan tetap dipergunakan sementara, sambil menunggu selesainya bangunan penunjang di bagian belakang bangunan terminal yang sudah ada sekarang. Sehingga selama proses pembangunan, aktifitas angkut penumpang di terminal bus tersebut tetap tidak terganggu dan normal seperti biasanya.

Terkait kondisi lahan, Ronny mengatakan karena lahan terminal masuk dalam zona putih kawasan Taman Nasional Kutai (TNK) yang sudah di enclave, maka dipastikan tidak ada permasalah lahan baik dengan pemerintah ataupun dengan masyarakat. Sementara itu, Terminal Bus Sangatta nantinya hanya akan berstatus tipe C. Karena jika berstatus Terminal tipe B, sesuai UU 23/2014 maka pengelolaannya akan diambil alih oleh pemerintah provinsi. Namun demikian, Ronny mengatakan meski hanya berstatus tipe C, fasilitas dan sarana penunjang Terminal Bus Sangatta nantinya akan dibuat sama dengan tipe B.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments