Menu Click to open Menus
Home » Acara » Angka Golput di Kutai Timur Capai 53%

Angka Golput di Kutai Timur Capai 53%

(267 Views) Juli 6, 2018 5:27 pm | Published by | No comment

Sangatta  – Meski sudah melakukan berbagai upaya untuk mengajak masyarakat menjadi pemilih aktif jauh hari sebelum waktu pemilihan, namun tetap saja angka pemilih tetap yang tidak menyalurkan hak pilihnya (Golput), masih tinggi, setidaknya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018 ini, tercatat lima puluh tiga persen angka golput di Kutai Timur, Padahal Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kutai Timur beserta instansi terkait lainnya sudah gencar melakukan sosialiasi serta kegiatan hiburan lainnya, seperti jalan santai dan panggung stand up comedy, untuk mengajak masyarakat menyalurkan hak pilihnya.

Diketahui dari jumlah dua ratus dua puluh  ribu sembilan ratus tiga puluh pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), seratus tujuh belas ribu delapan ratus tujuh puluh lima diantaranya, tidak menyalurkan hak pilihnya, angka tersebut mencapai lima puluh tiga persen dari jumlah DPT.

Menurut Ketua KPUD Kutai Timur, Fahmi Idris, ada beberapa factor yang mempengaruhi angka golput tinggi di Kutai Timur. Yang pertama, dikarenakan bertepatan dengan momen lebaran, banyak masyarakat masih mudik, karena seperti di ketahui masyarakat Kutai Timur sebagian besar pendatang.

Selain itu menurut Fahmi, pagelaran piala dunia juga mempengaruhi tingkat partisipasi, dikarenakan banyak masyarakat yang begadang untuk menonton, sehingga pada pagi harinya tidak sempat ke TPS. Disamping itu, pada hari pemilihan, cuaca di Kutai Timur hampir keseluruhan hujan hingga siang hari, sehingga banyak dari masyarakat yang urung ke TPS. Berbagai hal tersebutlah yang diperkirakan menjadi factor kurangnya partisipasi masyrakat.

Sementara pemilih yang merupakan karyawan perusahaan, menurut Fahmi masih banyak diantaranya yang tetap bekerja dan tidak menyalurkan hak pilihnya, dikarenakan pihak perusahaan di hari tersebut memang memberikan libur pada karyawannya, namun bagi karyawan yang masuk akan dihitung lembur, sehingga karyawan lebih memilih bekerja dan tidak menyalurkan hak pilih. Kedepannya, Fahmi menambahkan, akan dilakukan koordinasi kembali dengan pihak perusahaan mengenai persoalan tersebut.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Angka Golput di Kutai Timur Capai 53%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.