Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Angka Masyarakat Miskin Kutim Hanya 27.611 jiwa BPS Kutim Bantah Data Assisten Kesra Pemkab Kutim

Angka Masyarakat Miskin Kutim Hanya 27.611 jiwa BPS Kutim Bantah Data Assisten Kesra Pemkab Kutim

(3695 Views) April 2, 2016 7:58 am | Published by | 246 Comments

Sangatta. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kutai Timur Achmad Yasid Wijaya, membantah bahwa angka masyarakat miskin di Kabupaten Kutai Timur mencapai 15 persen atau sekitar  62.450 jiwa. Hal ini disampaikan Achmad Yasid Wijaya menanggapi pernyataan Assisten Kesejahteraan Rakyat Kutim Mugeni, dalam kegiatan cofee morning, Senin (28/3) lalu, yang menyatakan bahwa data kemiskinan Kutim terbaru sesuai data BPS Kutim sudah berada di 15 persen penduduk Kutim atau berjumlah 62.450 jiwa dari jumlah penduduk Kutim sebanyak 413.508 jiwa.

Dikatakan Yasid, dirinya mengaku terkejut dengan adanya pemberitaan yang menyebutkan bahwa angka kemiskinan Kutim sudah berjumlah 62.450 jiwa. Padahal BPS Kutim sendiri hingga kini belum memiliki data kemiskinan Kutai Timur terbaru tahun 2015. Data terakhir yang dimiliki BPS Kutim hanya angka miskin Kutim tahun 2014, silam. Selain itu, data yang dipaparkan Assisten Kesra Kutim tersebut, menggunakan jumlah penduduk Kutim dengan rekapan data jumlah penduduk dari Catatan Sipil dan bukan data dari BPS.

Lanjutnya, jika menggunakan data BPS Kutim terakhir yakni tahun 2014, angka absolut kemiskinan Kutim berjumlah 27.611 jiwa atau 8,86 persen dari jumlah pendataan penduduk Kutim versi BPS lebih dari 329.000 jiwa. Selain itu, pendataan penduduk miskin seharusnya menggunakan survei sosial ekonomi nasional dan bukan dari data penerima beras miskin (Raskin). Karena penerima Raskin adalah masyarakat yang menerima perlindungan sosial dan tidak semuanya termasuk masyarakat miskin. Sementara survei sediri tidak bisa dilakukan secara by name by addres, namun dilakukan secara sampling.

(Voice : BPS Ach Yasid Wijaya – Klarifikasi Data Kemiskinan Kutim)

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, dalam paparan Assisten Kesra Kutai Timur Mugeni, pada kegiatan Cofee Morning seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Kutim, Senin (28/3) lalu, dihadapan Bupati Kutim dipaparkan bahwa sesuai data BPS Kutim 2015 angka kemiskinan Kutim masih cukup tinggi mencapai 62.450 jiwa atau 15 persen dari jumlah penduduk Kutim 413.508 jiwa. Menyikapi hal tersebut, Bupati Kutim Ismunandar meminta agar dilakukan validasi ulang data kemiskinan masyarakat Kutim dengan melakukan pendataan by name by addres ke seluruh Kutai Timur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

246 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments