Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Angkutan Tidak Berizin, Dishub Akan Tindak Tegas

Angkutan Tidak Berizin, Dishub Akan Tindak Tegas

(24 Views) Agustus 7, 2019 11:19 pm | Published by | No comment

Sangatta – Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, yang mewajibkan bagi perusahaan angkutan memiliki izin, nampaknya masih belum maksimal dilaksanakan oleh pemilik kendaraan angkutan umum di Kutai Timur.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kutim, Ikhsanuddin Syerpi saat ini masih ada sekira 30 persen angkutan dalam kota belum berizin. Artinya 70 % sudah kantongi ijin.  ini mengacu pada peraturan, dimana pemilik kendaraan harus membuat izin melalui OSS atau DPM PTSP.

Menurutnya, perizinan tersebut meliputi angkutan umum, barang, dan manusia. Dalam hal itu harus memprhatikan sejumlah aspek, seperti keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan. Kadishub Kutim, Ikhsanuddin Syerpi dalam sosialisai angkutan jalan, Selasa, (7/8).

Merunut pada pasal 308 UU Nomor 22 Tahun 2009, bahwa setiap orang yang mengemudikan angkutan umum, tetapi tidak memiliki izin menyelenggarakan angkutan orang atau barang dalam trayek dan tidak dalam trayek, atau menyimpang dari izin yang ditentukan akan dipidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Apabila tidak berizin, pihaknya akan memutuskan pengoprasionalan mereka. Ke depannya Dishub rencananya akan menggandeng kepolisian untuk melakukan razia. Ia juga berharap, dengan adanya sosialisasi ini bisa mengurus perizinan dengan baik.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang menyampaikan adanya sosialisasi yang diberikan kepada perusahaan angkutan, maupun Organda ini merupakan salah satu alternatif untuk mengembangkan potensi angkutan yang aman di Kutim.

Ia berharap, melalui sosialisasi ini,bisa memunculkan suatu ide agar usaha- usaha tersebut lebih maju. Karena menurutnya, hadirnya pemerintah semata untuk membantu membuka sektor apa saja untuk masyarakat. Termasuk  memberikan jasa travel barang dan jasa pengantaran.

Terlebih, jika pelabuhan Kudungga yang terletak di Sangatta Utara ini sudah rampung, maka dapat menguntungkan bagi kendaraan angkutan resmi.

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Angkutan Tidak Berizin, Dishub Akan Tindak Tegas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.