Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Antisipasi Bahaya,  Lubang Bekas Tambang Dibatasi untuk Umum

Antisipasi Bahaya,  Lubang Bekas Tambang Dibatasi untuk Umum

(41 Views) Agustus 10, 2019 11:44 am | Published by | No comment

Sangatta – Area lahan pasca tambang yang sebelumnya dibuka untuk wisata umum kini mulai dibatasi. Hal itu merupakan upaya untuk mencegah bahaya yang mengancam nyawa.

Salah satunya, Telaga Batu Arang (TBA) yang terletak di jalan Kabo Jaya Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara. Lubang bekas tambang ini sangat diantisipasi keberadaannya. Berkaca dari sejumlah kasus yang terjadi di sejumlah daerah di Kalimantan Timur, membuat perusahaan tambang di Sangatta semakin waspada.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutim, Aji Wijaya Effendi mengatakan lahan bekas tambang di Kutim bisa dijadikan percontohan. Sebab diketahui pengelolaannya cukup baik dibanding daerah lain.

Dia berharap, kasus yang terjadi di Samarinda dan daerah lainnya tidak terjadi di Kutim. Karena satu saja yang meninggal akan sangat berdampak besar pada perekonomian daerah. Karena itu dicegah sedini mungkin. Aji Wijaya Effendi dalam sosialisasi larangan dan bahaya memasuki wilayah lubang bekas tambang dan area terbatas, pada Kamis (8/8/2019).

Sementara itu,  Manager External Relations PT. KPC, Yorden Ampung menjelaskan alasan pembatasan TBA Menurutnya karena lahan tersebut masih berada pada area tambang aktif. Sehingga adanya aturan yang melarang masyarakat umum memasuki kawasan objek vital.

Awalnya, pihaknya membuka untuk masyarakat umum semata untuk  menggali semua potensi yang bisa menghasilkan untuk masyarakat. Termasuk sektor non tambang. Karena itu dibuatlah sebagai kawasan wisata. Namun, menurutnya melihat perkembangan juga kejadian yang terjadi di daerah lain, terlebih diketahui TBA juga belum lepas dari area tambang sehingga harus ditutup.

Ditambahkan Yorden, Pihaknya juga diminta oleh Pemprov untuk membantu menyelesaikan lubang bekas tambang di Samarinda menggunakan tekhnologi.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Antisipasi Bahaya,  Lubang Bekas Tambang Dibatasi untuk Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.