Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemkab Kutim Segera Bangun Embung dan Sumur Bor, Antisipasi Kemarau Akibat El-Nino,

Pemkab Kutim Segera Bangun Embung dan Sumur Bor, Antisipasi Kemarau Akibat El-Nino,

(563 Views) Maret 30, 2017 3:50 pm | Published by | No comment

penyediaan sumur bor

Sangatta. Sebagai bentuk antisipasi terjadinya kemarau ekstrim akibat El-Nino yang dipredikasi akan terjadi pada tahun 2018 mendatang, Pemerintah Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Ketahanan Pangan Kutim, mulai bergerak melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah bagaimana cara mempertahankan ketersediaan air di tengah musim kemarau yang melanda.

Menurut Bupati Kutai Timur, Ismunandar, memang ada prediksi terjadinya kemarau panjang tahun depan akibat El-Nino. Karenanya, menyikapi hal tersebut dirinya telah menginstruksikan Dinas Ketahanan Pangan Kutim untuk melakukan persiapan, terutama bagaimana menjaga ketersediaan air warga.

Lanjut Ismu, beberapa hal dalam menyikapi potensi kemarau yang bakal melanda adalah dengan membuat folder-folder penampungan air, termasuk embung air dan pembuatan sumur bor tanah. Namun ujarnya, tidak hanya sekedar menyikapi prediksi kemungkinan terjadinya kemarau panjang tahun depan, namun pemenuhan ketersediaan air warga mamang tetap harus dilakukan karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

(Voice : Bupati – Antisipasi Kemarau)

Lebih jauh Ismu mengatakan, bahwa beberapa Kecamatan yang selama ini menjadi sentra pertanian pangan Kutim, seperti Rantau Pulung, Kongbeng, Kaubun, Kaliorang dan Teluk Pandan, memang menjadi prioritas pembangunan fasilitas embung dan sumur bor. Belajar dari kondisi kemarau panjang yang pernah melanda Kutim pada tahun 2015 lalu, di sentra-sentra pertanian pangan ini mengalami gagal panen akibat kekeringan. Karena itu, dirinya sangat berharap kejadian kemarau tersebut menjadi pelajaran berharga agar kedepan bisa mengantisipasi untuk mengatasi potensi kekeringan.

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments