Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadhan, Disperindag Kutim Siapkan Operasi Pasar

Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadhan, Disperindag Kutim Siapkan Operasi Pasar

(1089 Views) Mei 19, 2016 9:09 am | Published by | No comment

Sangatta. Bulan suci ramadhan yang tinggal 2 minggu lagi, biasanya terjadi lonjakan harga-harga barang sembilan bahan pokok (Sembako), serta sayur mayur. Untuk mengantisipasi lonjakan harga yang kemungkinan bisa terjadi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur, segera akan menggelar operasi pasar hampir di semua Kecamatan di Kutim, khususnya di Kota Sangatta.

Menurut Kepala Disperindag Kutim Irawansyah, untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako, sayur mayur dan bahan-bahan starategis lainnya jelang bulan suci ramadhan yang hanya tinggal 2 minggu lagi, Disperindag Kutim akan mengumpulkan pedagang agen dan distributor di Kota Sangatta pada 23 Mei mendatang. Hal ini dilakukan untuk mengecek ketersediaan barang dan mengetahui bagaimana suplai barang serta harga. Jika stok barang cukup dan tersedia, maka tidak ada alasan bagi para pedagang untuk menaikkan harga barang.

Lanjutnya, selain mengumpulkan pedagang agen dan distributor, Disperindag Kutim juga akan melakukan operasi pasar serta pengecekan gudang penyimpanan milik pedagang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penimbunan barang yang kerap dilakukan pedagang nakal serta mencegah beredarnya barang-barang kadaluarsa. Sehingga jika terjadi kelangkaan barang, para pedagang nakal ini bisa dengan seenaknya menaikkan harga barang.

Lebih jauh dikatakan Irawansyah, saat ini Kutim masih ketergantungan dengan daerah Jawa untuk pasokan bawang merah dan putih. Sementara sayu-mayur, selain dipasok dari lokak Kutim juga didominasi pasokan dari Sulawesi. Beberapa barang startegis yang rawan kenaikan harga diantaranya bahan pangan seperti daging ayam dan telur. Sementara sayuran, biasanya bawang merah dan putih serta cabai. Selain itu, pihaknya juga akan mengantisipasi terjadinya kelangkaan tabung elpiji, baik elpiji tabung 3 Kg dan 12 Kg.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments