Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » APBD Kutim 2017 Diproyeksi Turun Menjadi Rp 2,44 Triliun

APBD Kutim 2017 Diproyeksi Turun Menjadi Rp 2,44 Triliun

(10374 Views) September 22, 2016 2:43 pm | Published by | No comment

images-1

Sangatta. APBD Kutim tahun 2017 mendatang akhirnya diproyeksi mengalami penurunan, jauh berbeda saat pemerintah saat pemerintah Kutim menyampaikan nota pengantar usulan KUA PPAS APBD Kutim 2017, beberapa bulan lalu. Pada nota pengantar KUA PPAS 2017 sebelumnya,  pemerintah Kutim memproyeksi pendapatan dan belanja Kutim sebesar Rp 3,38 triliun. Namun setelah terjadi kondisi defisit keuangan nasional, pemerintah Kutim secara rasional menetapkan proyeksi pendapatan dan belanja pada tahun 2017 mendatang sebesar Rp 2,44 triliun.

Menurut Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang, perubahan ini merupakan proyeksi angka riil atau sebenarnya dengan berdasarkan pada kondisi keuangan nasional dan daerah yang terjadi sekarang. Memang sangat menjadi pertimbangan pemerintah untuk selalu berjaga-jaga, jangan sampai terlanjur mematok angka yang tinggi tetapi di penghujungnya, daerah kembali mengalami defisit. Sementara jika pada tahun berjalan nantinya terjadi peningkatan penerimaan dan pajak, maka akan dibahas kembali pada anggaran perubahan 2017, mendatang.

Lanjutnya, poin penting yang mendasari pemerintah Kutim menetapkan proyeksi pendapatan dan belanja Kutim 2017 sebesar Rp 2,44 triliun tersebut, diambil dari pertimbangan dana bagi hasil (DBH)  serta royalti minyak dan gas (Migas) serta penjualan batu bara. Selama ini produksi batu bara Kutim tidak pernah berhenti. Meskipun terjadi penurunan harga, namun diyakini diangka Rp 2,44 Triliun tersebut tidak akan menggoyang kondisi keuangan Kutim.

Diakui Wabup Kasmidi, memang selama ini kondisi keuangan Kutim sebagian besar hanya bertumpu pada dana bagi hasil (DBH) dan royalti dari sektor Migas dan batu bara. Sementara pendapatan asli daerah (PAD) Kutim hanya mampu menyumbang pemasukan ke daerah sebesar Rp 100 miliar. Untuk itu dirinya berharap, tahun depan pemerintah Kutim bersama DPRD Kutim mampu menghasilkan peraturan daerah (Perda) khususnya dalam upaya mendongkrak PAD Kutim.

(Voice : Wabup – Proyeksi APBD Kutim 2017 Drop)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments