Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Armada RI Tetap Menjadi Sarana Utama Pencapaian Tugas Dan Peran Universal TNI Angkatan Laut.

Armada RI Tetap Menjadi Sarana Utama Pencapaian Tugas Dan Peran Universal TNI Angkatan Laut.

(604 Views) Desember 5, 2016 4:00 pm | Published by | No comment

img-20161205-wa0031Sangatta – Dalam Amanat Kasal Laksamana TNI Supandi Pada Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2016, Selasa, 5 Desember 2016 yang dibacakan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Sangatta Letkol Laut Pelaut Mulyan Budiarta, Upacara bukan hanya sebuah kegiatan seremonial, tetapi momen yang mengingatkan tentang sejarah berdirinya Armada RI dan Penganbdian yang telah ditunaikan. Berdasarkan sejarah Armada RI adalah alat bagi sebuah negara dalam menyebarkan pengaruh dan melindungi kepentingan nasionalnya. Sampai saat ini Armada RI tetap menjadi sarana utama pencapaian tugas dan peran universal TNI Angkatan Laut.

Lebih lanjut, dikatakan untuk menyatuhkan pemahaman tentang Armada RI dalam kontek operasional, sejatinya Armada RI adalah integrasi empat elemen utama yakni Kapal Perang, Pesawat Udara, Marinir dan Pangkalan, sehingga komposisi satuannya harus mencerminkan keempat elemen tersebut. Saat ini, Armada RI dituntut mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan tugas yang semakin kompleks dan Dinamis, sejalan dengan visi poros Maritim dunia, Armada RI harus mampu hadir untuk melindungi lingkungan dan sumberdaya laut, menjaga keamanan, menjamin keselamatan dan mempertahankan kedaulatan negara di laut.

Lebih jauh, dalam amanat Kasal Laksamana TNI Supandi, menyatakan melihat konstelasi geografis Indonesia angkatan laut telah menetapkan dua Komando Armada RI Kawasan sebagai Komando Utama Operasi. Selaku kotamaops, komando Armada RI bertugas ,menyelenggarakan opearasi Intelijen Maritim dan Operasi Laut dalam rangka perang dan selain perang diwilayahnya sesuai dengan kebijakan panglima TNI. Saat ini upaya peningkatan efektivitas Operasi Komando Armada RI memperoleh hasil yang signifikan dengan semakin singkatnya waktu penindakan dan turunnya angka kasus, terutama di Selat Malaka dan Selat Singapura.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments