Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Aset 4 SKPD Kutim Segera Dimutasikan

Aset 4 SKPD Kutim Segera Dimutasikan

(428 Views) Februari 15, 2016 8:55 am | Published by | No comment

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur (Kutim) akan melakukan mutasi terhadap aset yang dimiliki 4 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kutim yang akan segera meleburkan diri dengan Pemprov Kaltim, imbas dari diberlakukannnya Undang-undang (UU) 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Ketiga SKPD ini adalah Dinas Kehutanan (Dishut), Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) serta sebagian aset milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Aset Daerah Setkab Kutim, Teddy Febrian mengatakan bahwa Pemkab Kutim akan melakukan mutasi aset bagi SKPD yang dilebur ke Pemprov Kaltim. Memang hingga saat ini, aset-aset yang ada masih tercatat sebagai milik Kutim. Namun jika peleburan sudah dilakukan maka secara otomatis mutasi aset akan dilakukan. Seperti Dinas Kehutanan Kutim yang kabarnya harus sudah meleburkan diri ke Dishut Provinsi Kaltim pada bulan Oktober tahun ini.

Lanjutnya, untuk Dinas Pendidikan Kutim yang aset SMA atau sederajad akan diambil oleh Disdikbud Kaltim, pihaknya juga akan memberlakukan hal serupa. Namun karena hingga saat ini belum ada petunjuk teknis dan aturannya, sehingga pihaknya hanya menunggu. Tetapi pada dasarnya semua SKPD yang meleburkan diri ke Provinsi, asetnya akan dihapuskan di Pemkab dan akan dilakukan pencatatan baru sebagai aset Pemprov Kaltim.

(voice)

Sebagaimana diketahui bahwa Pemkab Kutim saat ini tengah melakukan validasi dan pencatatan aset daerah sebagai kelengkapan dalam pelaporan keuangan Pemkab Kutim tahun anggaran 2015. Dengan target mendapatkan predikat laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), validasi aset yang kini sudah berjalan 80 persen tersebut dipastikan akan rampung sebelum 31 Maret 2016, mendatang.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments