Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Atasi Gagal Panen Tahun lalu, dibutukan 12 Ton Benih Padi Gunung Untuk 2 Kecamatan di Kutim

Atasi Gagal Panen Tahun lalu, dibutukan 12 Ton Benih Padi Gunung Untuk 2 Kecamatan di Kutim

(323 Views) Juni 7, 2016 6:51 am | Published by | No comment

Sangatta – Untuk meningkatkan produksi tanaman padi gunung di Kutai Timur, Pemerintah Daerah Kutim harus mempersiapkan setidaknya 12 ton untuk dua Kecamatan yang ada di Kutim yakni Kecamatan Telen dan Busang. Demikian diungkapkan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Kutai Timur, Hormansyah dalam rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Bupati Kasmidi Bulang diruang Meranti Kantor Bupati, Senin (6/6).

Hormansyah mengatakan akibat kemarau tahun 2015 lalu pada umumnya petani padi gunung di Kutim tidak ada yang  panen, untuk itu ada permintaan benih dari petani. Horman mengungkapkan untuk kebutuhan benih di Kecamatan Telen dan Busang, dengan lahan seluas 300 Hektar, rata-rata kebutuhan benih mencapai 40/kg per hektar, sehingga dibutuhkan sekitar 12 ton benih.

Voice Kepala BKP Kutim Hormansyah

Lebih lanjut, Horman menjelaskan untuk pelaksanaannya, ketersediaan benih tersebut paling lambat bulan September yang akan datang, karena jadwal tanam petani  padi gunung ini, biasanya disesuaikan dengan kondisi alam, jika lewat dari bulan september,  maka sudah lewat dari jadwal tanam.

Lebih jauh, Dia mengatakan yang menjadi kendala dalam penyaluran benih kepada petani adalah masalah administrasi pengadaannya seperti lelang. Dalam rapat tersebut Horman meminta arahan dari Wakil Bupati, terkait dengan kebijakan, apakah bisa dibuat kebijakan seperti nasional, yang pengadaannya benihnya tidak melalui tender, tetapi hanya melalui katalog agar penyaluran benih pas dengan jadwal tanam petani.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengatakan kedepan penyaluran benih kepada petani harus benar-benar tepat waktu. Untuk itu, dirinya meminta Bappeda mengkroscek betul-betul scedule anggaran, agar bisa tepat waktu. Dirinya mengakui telah berkoordinasi dengan ketua DPRD dan menyambut baik rencana tersebut. Dikatakan Kasmidi Bulang,  agar program-program yang ada di SKPD-SKPD masing-masing dapat berjalan tepat waktu, mangka pada saat APBD disahkan pada bulan November,  bulan jauari sudah bisa eksen setiap program-program yang ada.

Voice Wakil Bupati Kasmidi Bulang

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments