Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Awas Kusta !!! Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat…..

Awas Kusta !!! Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat…..

(622 Views) September 27, 2015 3:31 pm | Published by | No comment

Sangatta. Walaupun dari tahun ke tahun grafiknya masih fluktuatif , namun ternyata tiap tahun ada saja ditemukan kasus baru penderita Kusta di Kabupaten Kutai Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur dr Aisyah didampingi Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL)  M Yusuf,  menuturkan bahwa di Kabupaten Kutai Timur sediri sejak tahun 5 tahun terakhir terus ditemukan kasus kusta walaupun dari angka penderita masih relatif rendah.

Lanjutnya, untuk Kutim sendiri ada beberapa wilayah yang disebut dengan istilah kantung-kantung Kusta, diantaranya adalah wilayah yang memang berada di pesisir pantai seperti Kecamatan Bengalon, Sandaran, Karangan dan Sangkulirang. Untuk wilayah hulu Kutim ada di wilayah Kecamatan Telen, Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Kongbeng. Wilayah ini memang menjadi kantung kusta yang memang turun-temurun sejak dulu ditemukan kasus Kusta. Sementara untuk wilayah Sangatta penderita kusta didominasi pendatang yang berasal dari Sulawesi dan Madura.

Dijelaskan Yusuf, Kusta sendiri merupakan penyakit yang dapat disembuhkan jika si penderita cepat mengetahui jika dirinya menderita kusta dan meminum obat sesuai petunjuk dokter. Penyakit ini bukan penyakit turunan atau kutukan. Namun penyakit kusta adalah penyakit menular yang tidak menular, dengan artian penyakit ini bisa menular kepada orang lain namun dengan jangka waktu yang cukup lama penularannya. Berbeda dengan penyakit Tuber Colosa (TBC) yang dengan mudah menular hanya dengan melalui udara. Sehingga tidak perlu takut bersalaman dengan penderita kusta.

(voice)

Lebih jauh dikatakan Yusuf, karena penyakit Kusta ini adalah penyakit yang tanpa keluhan sehingga banyak masyarakat yang datang sudah dalam keadaan cacat atau mati rasa karena rusaknya syaraf jaringan tubuh. Maka ada baiknya masyarakat belajar untuk mengenali gejala penyakit Kusta untuk melindungi diri dan keluarga. Bahkan dokter dan paramedis pun juga dianjurkan untuk bisa mengenali gejala penyakit ini. Pengobatan dapat dilakukan antara 6 bulan hingga 12 bulan tergantung type kusta yang diderita apakah Kusta kering atau kusta basah.

Dari data Dinas Kesehatan Kutim, pada tahun 2010 ada 21 temuan kasus penderita Kusta; 2011 ada 23 kasus; 2012 ada 21 kasus; 2013 ada 28 kasus; 2014 ada 22 kasus; dan hingga pertengahan 2015 ada 14 kasus kusta. Temuan ini didapatkan karena kini sudah ada dokter spesialis kulit di Kutim, sehingga kasus Kusta ini dapat segera ditangani. Sementara obat Kusta bisa diperoleh secara gratis di Puskesmas terdekat dengan membawa rujukan dari dokter spesialis kulit.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments