Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BAGIAN PEMERINTAH GELAR SOSIALISASI PENGADAAN TANAH

BAGIAN PEMERINTAH GELAR SOSIALISASI PENGADAAN TANAH

(448 Views) Mei 4, 2016 8:19 am | Published by | No comment

SANGATTA – Peningkatan pembangunan infrastruktur di Kutai Timur terus dilakukan khususnya ibukota Sangatta, sampai dengan saat ini satu-satunya jalan ring road yang digunakan warga Sangatta adalah jalan Yos Sudarso. Dengan bertambahnya kepadatan penduduk kebutuhan terhadap insprastruktur jalan ikut bertambah. Dalam rencana pembangungan kutai timur akan memiliki tiga jalan ring road, jalan Ring Road Yos Sudarso, Jalan Ring Road Sangsaka dan Jalan Ring Road disekitar kawasan pantai yang akan menghubungkan Sangatta sampai dengan ke Maloy yang masih dalam bentuk perencanaan.
Pembangunan jalan ring road Sangsaka di tengah kota yang menghubungkan Kenyamukan dengan jalan Wahab Syahrani dan berakhir di jalan Soekarno Hatta saat ini dalam proses pengerjaan namun dikarenakan belum selesainya pembebasan lahan proses pengerjaan jalan tersebut dihentikan.
Menanggapi hal tesebut Bagian Pemerintahan menggelar Sosialisasi Rencana kegiatan pengadaan tanah yang dilakukan pagi tadi (4/5) antara pemilik tanah dengan SKPD terkait.
Dalam Sosialisasi tersebut Asisten Administrasi Umum Edwar Azran mengatakan, pemerintah akan memantapkan pembangunan jalan melalui Apt Pranoto dan berujung di soekarno hatta untuk itu pemerintah berkeinginan partisipasi masyarakat dengan merelakan tanah-tanah miliknya diganti rugi. Namun untuk menghindari permasalahan hukum, maka pemerintah akan melakukan tahapan-tahapan dalam pembebasannya. Dan tahap awal pembebasan tanah adalah sosialisasi.

Tahapan dalam pembebasan lahan yaitu sosialisasi, pengemuman, inventarisir awal, konsultasi publik, penetapan lokasi, identifikasi dan pengukuran, penilaian harga, kemudian penetapan nilai ganti rugi dan selanjutnya pembayaran. Dalam sosialisasi tersebut dilakukan kesepakatan antara pemilik tanah dan pihak pemerintah.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments