Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BALITBANG CIPTAKAN TEKNOLOGI REKAYASA PENGERING GABAH

BALITBANG CIPTAKAN TEKNOLOGI REKAYASA PENGERING GABAH

(487 Views) Agustus 24, 2016 7:22 am | Published by | No comment

Sangatta – Memakan waktu lima bulan masa penelitian, administrasi, dan pelaporan sampai selesai menyelesaikan prototype, Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Kutai Timur (Balitbang) menyelesaikan teknologi rekayasa pengering gabah. Pengering gabah tersebut sudah melalui uji coba dengan menggunakan bahan bakar sekam yang dibakar untuk menghasilkan panas yang digunakan untuk mengeringkan gabah.

Dengan mengeringkan gabah menggunakan alat tersebut dapat mengeringkan gabah lebih cepat dari pada menggunakan cara manual dengan sinar matahari, dalam uji coba dengan menggunakan gabah seberat seratus kilogram hanya membutuhkan waktu empat sampai dengan lima jam saja untuk dapat menurunkan kadar air hingga dua belas sampai dengan empat belas persen sesuai dengan standar nasional Indonesia (SNI) terhadap kualitas gabah.

Menurut Kepala Balitbang Kabupaten Kutai Timur, Zubair mengatakan, Mengenai biaya yang digunakan untuk memproduksi satu unit alat tersebut memakan biaya sekitar Lima Puluh Juta Rupiah untuk kapasitas dua ton, namun harga tersebut masih disesuaikan dengan kapasitas besaran kebutuhan dan jika diproduksi dalam jumlah banyak pasti akan lebih murah.

Dengan mengeringkan gabah menggunakan alat tersebut dapat memberikan banyak keuntungan bagi petani baik dari waktu pengeringan yang lebih singkat dan tidak tergantung pada cuaca, maupun dapat mengurangi penyusutan gabah dalam proses pengeringan yang biasanya menggunakan sinar matahari yang rentan dengan ganguan hewan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments